Tips Feng Shui untuk Ruangan Kecil - Wartawanita.com

Tips Feng Shui untuk Ruangan Kecil

Wartawanita.com – Ruangan yang kecil seperti apartemen, studio bawah tanah, atau mungkin juga kamar tidur, sebenarnya tetap bisa memberikan atmosfir layaknya sebuah ruangan yang besar asal mengaplikasikan desain yang tepat untuk ruangannya.

Ilmu feng shui juga bisa diterapkan pada ruangan yang kecil sehingga dapat mengalirkan energi yang positif kepada pemilik rumahnya. Bagi Anda yang masih sewa apartemen yang biasanya memang berukuran kecil dengan asumsi asal bisa buat tidur saja, pun tak ada salahnya untuk mengaplikasikannnya.

Karena itu lakukan strategi fengshui seperti yang dirangkum dari artsandclassy.com ini sehingga dapat mengoptimalkan aliran udara serta vitalitas ruangan Anda.

Gunakan pemisah ruangan

Memisahkan ruangan sesuai fungsinya adalah hal yang penting – terutama bila Anda tinggal di apartemen studio yang segala sesuatunya dilakukan dalam satu ruangan. Setiap ruangan tentunya harus memiliki fungsinya masing-masing meskipun tidak dapat dipisahkan oleh dinding.

Anda bisa membeli pemisah ruangan portabel yang bisa dibuka tutup dengan mudah dan dipindah-pindahkan. Banyak yang menjual pemisah ruangan seperti ini di toko perlengkapan rumah tangga.

Atau, gunakan perabotan yang ada seperti sofa kecil yang diletakkan bertolak belakang dengan tempat tidur. Menurut fengshui, memisahkan fungsi sebuah area di rumah akan menghilangkan kebiasaan buruk seperti makan di atas tempat tidur.

Sediakan tempat untuk menyimpan barang-barang

Tidak ada yang lebih membuat rumah tampak sempit dan berantakan selain barang-barang yang berserakan. Jadi selalu sediakan tempat untuk menyimpan barang-barang Anda.

Buat tempat penyimpanan yang tersembunyi seperti di bawah tempat tidur atau Anda juga bisa menambahkan tempat untuk menyusun aksesoris secara sistematis di dalam lemari pakaian Anda.

Strategi fengshui ini akan membuat tempat tinggal terlihat lebih bersih dan rapi dimana dua hal tersebut akan membuat ruangan kecil tetap menjadi ruangan yang motivasional.

Strategi pencahayaan

Gunakan strategi refleksi cahaya untuk memberikan efek ruangan yang kecil menjadi lebih besar. Gantungkan atau letakkan sebuah cermin di dalam ruangan. Jika memungkinkan, letakkan cermin tersebut berhadapan dengan jendela agar cahaya yang direfleksikan adalah cahaya alami.

Cara lain adalah dengan memasang tiang untuk tirai lebih tinggi dari ukuran bingkai jendela rumah. Pilih warna tirai yang netral untuk memberi kesan ‘ringan’ di ruangan tersebut.

Fengshui selalu mengedepankan ruangan yang terbuka dan terang, karena itu hindari pengecatan dengan warna gelap karena akan membuat ruangan semakin terasa sempit dan membuat penghuninya menjadi muram.

Sentuhan pribadi

Walaupun tidak ada ruang lebih untuk mendekorasi, Anda tetap bisa menonjolkan karakter pribadi di rumah dengan cara-cara ini. Seperti menggantungkan sebuah foto keluarga, menambahkan warna yang menginspirasi, dan memasang ornamen dekorasi seperti lampu gantung hias.

Anda juga bisa menggantungkan tulisan-tulisan yang inspiratif di bagian dinding. Dekorasi yang memberikan motivasi akan memberikan energi positif serta mencegah ruangan terlihat terlalu kosong.

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            233 Views