Kobarkan Semangat Kartini Untuk Membantu Sesama - Wartawanita.com

Kobarkan Semangat Kartini Untuk Membantu Sesama

Wartawanita.com – “Dengan postur tubuh kecil, wajah lebih melankolis, tatapan mata lembut, wanita sering kali dianggap lemah. Wanita sering dipandang tak berdaya melakukan banyak hal yang bisa dilakukan pria. 

Kini, nyaris tak ada lagi yang bisa menyandingkan wanita seperti itu. Stigma lemah kian pudar dari diri wanita. Bahkan dalam beberapa kasus, justru wanita bisa lebih kuat dan tegar dibanding pria. 

Pemahaman Kartini soal emansipasi ternyata tak sekadar meningkatkan pendidikan wanita saja. Kartini-Kartini masa kini bukan cuma punya pendidikan tinggi, tapi juga bisa melakukan banyak hal untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat sampai negara. 

Wanita-wanita kini tak lagi sekadar mempersiapkan makanan di dapur dan mengurus anak. Tapi kini banyak wanita yang juga melakukan banyak pekerjaan berat dan berbahaya seperti halnya pria. 

Kartini, bukan sekadar nama namun telah menjadi simbol emansipasi. Berawal dari hasrat agar kaumnya mendapatkan persamaan hak, kebebasan, dan kesetaraan hukum, Kartini dan para pahlawan wanita nasional lainnya membuka jalan agar para wanita Indonesia berani bermimpi, menuntut ilmu setinggi-tingginya, dan bebas berkarya”…..

Kobarkan Semangat Kartini Untuk Membantu Sesama - Wartawanita.com

Goresan sekelumit dari Adelina, sosok pengagum pejuang wanita RA Kartini, meskipun sudah ¼ abad, gaung Kartini masih tetap ada dan dirasakan para wanita sampai sekarang. Kita hidup dalam era generasi yang sudah bisa menikmati buah perjuangan Kartini. Generasi yang fasih pada teknologi digital, gadget terbaru dan media sosial. Pada dasarnya inti perjuangan wanita diera digital sebetulnya masih tetap sama seperti anti kekerasan terhadap wanita dalam #WhyYouBeatHer, tentang keterlibatan pria dalam perjuangan hak wanita lewat #HeforShe.

Kalau Kartini  menuangkan ide-idenya lewat surat menyurat dengan sahabatnya, kenapa kita tidak memanfaatkan platform digital untuk mengungkapkan ide kita lewat Path, Facebook, Youtube, Instagram, Twitter, Blog dan juga banyak platform lainnya. Kita bisa membuat wanita lain berdaya dengan sharing pengalaman positif di dunia maya, karna kita Kartini era milenial.

Kartini milenial saat ini harus mampu lebih cerdas karena dengan banyaknya akses teknologi untuk dapat lebih mengembangkan kreativitas dan kemampuan diri dengan kemajuan teknologi digital termasuk media online.

Kobarkan Semangat Kartini Untuk Membantu Sesama - Wartawanita.com

Bagi wanita, berjuang di era sekarang ini bisa dengan berbagai macam cara, berbuatlah dari mulai hal yang kecil yang bisa bermanfaat bagi keluarga ataupun lingkungan sekitar. Seperti kegiatan Adelina yang aktif dalam beberapa kegiatan sosial seperti menjadi pencari donatur bagi madrasah dan pesantren untuk anak yatim dan kaum duafa di Daerah Lombok, menjadi dewan pengawas di Yayasan Dimas Prasetyo Wibowo, disabilitas dan Lembaga Pemberdayaan Kesejahteraan Pancakarya Indonesia (LPKPI) juga pernah membantu beberapa PSK untuk untuk berhenti dan melakukan pekerjaan yang lebih baik, juga membantu memberikan pengobatan salah satu PSK yang terkena penyakit kista, Adelina juga belajar menangani trauma pada kekerasan dalam masyarakat dan masih banyak kegiatan sosial lainnya yang dilakukan Adelina. Semua ini dilakukan hanya ingin membantu dan memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi yang membutukan.

Selain aktif dalam kegiatan sosial, Adelina juga sedang belajar bisnis batu bara, sarang burung walet dan juga memiliki peternakan kambing di Daerah Kendal Semarang, sehubungan dengan aktifitas travelingnya, Adelina  memiliki usaha tour and travel “Adeline Travel” yang melayani tidak hanya wisata lokal tetapi juga melayani Umrah Haji, wisata HalalTrip ke Malaysia, Jordan,Turki dan Mesir dan wisata jejak para nabi ke Aqsa yang bekerjasama dengan FitTravel, dan sudah bergabung dalam asosiasi  My Halal Trip Indonesia (MHTI). Adeline Travel bisa dihubungi di Jl. Prof. Dr. Soepomo No. 231 Tebet, Jakarta Selatan, Telp: (021) 5362794 atau 08111929792. (dta)

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            296 Views