pulau-derawan

Keindahan Pulau Derawan di Kalimantan Timur

Terletak di kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Pulau Derawan merupakan salah satu daerah tujuan wisata andalan di Indonesia. Jika ingin wisata ke pulau Derawan, ada dua jalur yang bisa ditempuh yaitu via darat dan udara. Jalur darat bisa dilalui dengan rute perjalanan yang dimulai dari Balikpapan menuju Samarinda, Tanjung Redeb, Tanjung Batu, baru menuju Derawan dengan speedboat.

Bagi yang suka berpetualang, island hopping di pulau sekitar juga bisa menjadi alternatif yang asyik. Pulau Maratua, Kakaban, Sangalaki, Nabucco, atau Bakungan adalah beberapa daftar yang bisa dipilih. Berkeliling di pulau Derawan bisa dilakukan dengan jalan kaki karena lokasinya tidak terlalu luas. Tapi, jika ingin mengunjungi pulau lain, Anda bisa menyewa kapal atau speedboat yang ada.

pulau darmawan, Kalimantan Timur
pulau darmawan, Kalimantan Timur

Yang menarik dari Pulau Derawan adalah homestay berwarna-warni di atas laut. Kadang-kadang, penyu hijau berenang di sekitar homestay ini. Lautnya jernih sehingga bisa terlihat jika penyu melintas. Pada malam hari, jika beruntung, kita juga bisa menyaksikan penyu bertelur. Pulau ini cukup padat dengan pemukiman warga. Banyak toko yang menjual souvenir dan makanan khas Derawan, yaitu ikan asin.

Derawan juga memiliki taman laut yang biasa digunakan untuk diving para wisatawan. Kedalamannya kurang lebih mencapai 5 meter. Pengunjung yang diving di sini akan dimanjakan oleh panorama laut yang memikat. Lokasi diving di sini sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Penulis: Erison

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            429 Views