Jangan Anggap Remeh Flu, Kenali 6 Jenisnya yang Dapat Membawa Kematian - Wartawanita.com

Jangan Anggap Remeh Flu, Kenali 6 Jenisnya yang Dapat Membawa Kematian !

Wartawanita.com – Kebanyakan orang mengenal flu sebagai penyakit biasa-biasa saja. Secara umum sakit flu ini memang disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menular melalui udara dan kontak langsung. Akan tetapi karena terjadinya proses mutasi maka penyakit flu yang ada sekarang sudah mulai beragam. Akibat mulai beragamnya penyakit flu yang ada sekarang membuat virus flu menjadi semakin ganas, bahkan dapat mematikan !

Jangan Anggap Remeh Flu, Kenali 6 Jenisnya yang Dapat Membawa Kematian - Wartawanita.comFlu Tulang

Flu ini disebabkan karena terjadinya infeksi oleh virus Parvovirus B19. Virus ini akan menyerang tulang dan persendian sehingga dapat menyebabkan penderitanya mengalami kelumpuhan. Penyakit flu ini di Indonesia biasa dikenal dengan demam tulang atau chikungunya. Infeksi virus chikungunya ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti maupun Aedes albopictus. Jenis nyamuk yang sama yang menularkan virus demam berdarah.

Jangan Anggap Remeh Flu, Kenali 6 Jenisnya yang Dapat Membawa Kematian - Wartawanita.comFlu Babi

Flu babi merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Orthomyxoviridae (varian H1N1, H1N2, H3N1, H3N2, dan H2N3) yang memang banyak ditemukan pada babi. Hewan babi memang dapat menampung virus flu yang berasal dari manusia maupun burung. Pada babi virus tersebut kemudian memungkinkan terjadinya pertukaran gen dan menciptakan alur pandemik baru (varian virus baru). Penularan virus ini dapat terjadi melalui kontak langsung dengan babi atau melalui udara.

Jangan Anggap Remeh Flu, Kenali 6 Jenisnya yang Dapat Membawa Kematian - Wartawanita.comFlu Burung

Flu ini biasa dikenal dengan nama Avian influenza (AI). Pada awalnya virus penyakit ini hanya menyerang burung, unggas, dan ayam. Akan tetapi, akibat mutasi yang terjadi virus ini dapat menyerang manusia juga, terutama varian H5N1. Virus ini sangat gampang menyerang anak-anak karena mempunyai daya tahan tubuh yang masih lemah.

Jangan Anggap Remeh Flu, Kenali 6 Jenisnya yang Dapat Membawa Kematian - Wartawanita.comFlu Perut

Sebenarnya flu ini sejenis infeksi pada sistem pencernaan  yaitu usus dan lambung. Flu perut ini biasanya dikenal dengan sebutan gastroenteritis. Flu ini disebabkan oleh infeksi virus (rotavirus) maupun bakteri (Campylobacter, Salmonella, dan Escherichia coli) yang ditularkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Jangan Anggap Remeh Flu, Kenali 6 Jenisnya yang Dapat Membawa Kematian - Wartawanita.comFlu Spanyol

Memang tidak ada literatur yang memastikan kapan atau di mana flu Spanyol muncul. Walau namanya flu spanyol ternyata flu ini asalnya bukan dari Spanyol. Awal munculnya virus flu ini adalah pada tahun 1918 yang merupakan tahun terakhir pertempuran masa Perang Dunia I. Walaupun flu ini dapat membawa kematian tetapi konon hingga saat ini belum berhasil ditemukan virus penyebabnya. Akan tetapi pada bulan Juni tahun 2010, sekelompok peneliti dari Mount Sinai School of Medicine, Amerika Serikat, melaporkan bahwa vaksin yang diberikan untuk meredakan pandemik flu tahun 2009 mampu menyediakan perlindungan terhadap virus flu 1918.

Jangan Anggap Remeh Flu, Kenali 6 Jenisnya yang Dapat Membawa Kematian - Wartawanita.comFlu Singapore

Flu ini dikenal dengan penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut. Penyakit ini disebabkan karena terjadinya infeksi menular oleh virus. Harus diwaspadai adalah bahwa penyakit ini biasanya menyerang anak kecil tapi dapat juga terjadi pada orang dewasa. Virus penyebab penyakit ini adalah enterovirus A, virus coxsackie A16, A6, A10, dan enterovirus 71 adalah jenis yang paling sering menyebabkan munculnya flu Singapura. Virus ini akan menyerang jaringan di mulut, sekitar amandel, dan masuk ke dalam sistem pencernaan. Pada akhirnya virus akan menyebar melalui aliran darah.

Jadi sebaiknya di masa pergantian musim ini harus lebih waspada terhadap virus flu yang menyerang ya.

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            99 Views