6 Trik Tepat dan Sehat Membawa Tas dengan Isi Padat - Wartawanita.com

6 Trik Tepat dan Sehat Membawa Tas dengan Isi Padat

Wartawanita.com – Rutinitas wanita yang begitu padat membuat terkadang wanita kurang memperhatikan kesehatannya. Bahkan untuk hal-hal yang sekiranya tidak berdampak langsung pada dirinya juga sering terabaikan. Seperti saat membawa tas yang isinya melebihi rata-rata, banyak wanita yang kurang menyadari bahwa kelak akan berpengaruh pada kesehatan. Jika diatur dengan bijaksana maka dapat disiasati agar dapat tepat dan sehat dalam membawa tas dengan isi padat :

6 Trik Tepat dan Sehat Membawa Tas dengan Isi Padat - Wartawanita.comMengurangi Bawaan

Mengurangi bawaan merupakan cara yang paling mudah agar berat tas lebih ringan. Sebisa mungkin bawalah tas dengan beban yang ringan jika keperluannya tidak terlalu mendesak.  Beban ringan dapat mengurangi tekanan pada otot dan perubahan postur leher serta sudut lordosis tulang belakang.

6 Trik Tepat dan Sehat Membawa Tas dengan Isi Padat - Wartawanita.comBeban yang Dibawa Cukup 15 Persen dari Berat Tubuh

Jika memang kondisinya mengharuskan membawa tas berat, usahakan bobot maksimalnya sekitar 15 persen dari berat tubuh. Para ahli menyarankan bahwa batas normalnya kira-kira 10 persen dari berat tubuh. Misalnya, jika berat tubuhnya 50 kilogram, berarti beban maksimal yang dapat dibawa adalah 7,5 kilo dan untuk lebih aman sekitar 5 kilogram saja.

6 Trik Tepat dan Sehat Membawa Tas dengan Isi Padat - Wartawanita.comBarang Terberat Letakan di Posisi Paling Bawah

Sebuah studi menemukan bahwa penempatan beban di bagian bawah tas dapat sedikit mengurangi perubahan postur dan kelengkungan tulang belakang. Selain itu, istirahatkan bahu dan punggung jika mulai terasa lelah atau bertukar posisi tas ke depan tubuh agar bahu dan punggung tidak menerima tekanan secara terus-menerus.

6 Trik Tepat dan Sehat Membawa Tas dengan Isi Padat - Wartawanita.comGunakan Tas Dua Tali

Pada sebuah penelitian yang pernah dilakukan menemukan bahwa leher merupakan titik terlemah saat membawa beban. Agar kerja leher ringan, sebaiknya gunakan tas yang memiliki dua tali. Tas dengan dua tali akan menyeimbangkan beban yang dibawa sehingga tekanan pada leher lebih minim. Jika menggunakan tas satu tali, sering-seringlah menukar posisi tas dari satu bahu ke bahu yang lainnya.

6 Trik Tepat dan Sehat Membawa Tas dengan Isi Padat - Wartawanita.comSusun Rapi Barang dalam Tas

Memasukan barang di dalam tas dengan posisi acak-acakan justru akan menyebabkan cedera. Cobalah untuk mendistribusikan beban tas secara merata untuk menghindari stres postural. Berat tas jangan terlalu condong ke satu sisi. Seperti pada poin kedua, usahakan beban tas 10 persen dari berat tubuh.

6 Trik Tepat dan Sehat Membawa Tas dengan Isi Padat - Wartawanita.comSesuai Bentuk Tas dengan Bentuk Tubuh

Membawa tas dekat dengan tubuh akan mengurangi jumlah goyangan postural pada tulang belakang. Jika tas terlalu menggantung atau longgar, punggung akan menjadi lebih cepat lelah. Ahli terapis fisik menyarankan, pilihlah tas yang sesuai dengan bentuk tubuh agar lebih nyaman ketika membawa beban berat.

Beban di pundak berat tapi tetap harus sehat ya.

Tags:
0 shares
                            164 Views