6 Mitos Ramadhan yang Harus Anda Hindari - Wartawanita.com

6 Mitos Ramadhan yang Harus Anda Hindari

Wartawanita.com – Berpuasa saat Ramadhan dilakukan oleh semua muslim di seluruh dunia, dan merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Saat inilah dimana umat Islam tidak makan atau minum sejak matahari terbit hingga terbenam. Artinya, mereka diizinkan makan dua kali sehari yaitu saat sahur, tepat sebelum fajar, dan buka puasa, yang langsung dilakukan setelah matahari terbenam.

Ladies tahu dong, ada banyak manfaat dari berpuasa. Yang utama adalah mengajarkan semua umat Islam tentang pengendalian diri dan kemurahan hati. Lapar yang dirasakan akan mengingatkan kita pada mereka yang miskin, yang sering lapar.

Tapi dibalik itu, ada banyak mitos tentang Ramadhan, seputar apa yang harus dilakukan dan tidak saat berpuasa. Berikut adalah enam anggapan  yang mulai sekarang seharusnya Anda hindari:

  1. Apapun yang terjadi Anda harus berpuasa

Salah satu mitos paling umum tentang Ramadhan adalah bahwa Anda harus berpuasa apapun yang terjadi. Berpuasa selama Ramadhan hanya dilakukan oleh mereka yang fit dan cukup sehat untuk melakukannya loh. Jika Anda sakit, hamil, menyusui, atau sedang menstruasi, maka Anda dibebaskan dari berpuasa. Anak-anak dan orang tua juga tidak diwajibkan.

  1. Anda tidak bisa mendapatkan pengobatan

Banyak yang menduga bahwa mendapatkan pengobatan selama bulan Ramadhan itu membatalkan puasa. Tidak juga, seperti Dewan Muslim Inggris yang mengeluarkan pernyataan bahwa siapa saja masih bisa mendapatkan pengobatan seperti obat tetes mata, tetes telinga, suntikan dan infus uretra. Tapi nih, obat-obatan yang diminum atau melalui mulut itu tetap membatalkan puasa.

  1. Anda tidak diperbolehkan menggosok gigi

Menyikat gigi selama Ramadhan sebenarnya tidak dilarang, malah dianjurkan. Ramadhan adalah bulan dimana kita mencari kemurnian, baik secara fisik dan spiritual. Artinya, kebersihan fisik sangat dianjurkan.

  1. Ramadhan itu hanya tidak makan

Makan dan minum bukan satu-satunya kegiatan yang harus dihindari selama Ramadhan. Perilaku seperti membicarakan orang lain atau bergosip dan mengeluarkan kata-kata kasar, juga tidak diperbolehkan.  Selama siang hari, seorang muslim juga harus menjauhkan diri dari perkelahian, merokok dan seks.

  1. Anda tidak diizinkan untuk makan selama satu bulan penuh

Seorang muslim hanya berpuasa saat siang hari di bulan Ramadhan. Dengan begitu, ya mereka tetap diizinkan untuk menikmati makanan dan minuman seperti biasa setelah matahari terbenam. Malahan nih, keluarga dan teman-teman akan sering berbuka puasa bersama saat Iftar, dengan menyantap makanan yang enak-enak.

  1. Anda tidak diizinkan menelan ludah Anda sendiri

Ini dia yang paling tak masuk akal. Tentu saja menelan ludah diperbolehkan, karena itu refleks alami dan rasanya tidak mungkin untuk tidak menelan air liur sendiri. Menelan air liur orang lain, baru itu membatalkan. Mencium kekasih atau suami selama berpuasa itu dilarang, karena tujuan berpuasa ya tentang pengendalian diri, termasuk hasrat Anda.

Apakah selama ini Anda mempercayai salah satu dari 6 mitos ramadhan tadi? Nah, kini Anda tentu sudah tahu harus bagaimana dong…

(Sumber: Indy100)

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            95 Views