5 Tips Simpan Pisang Biar Tetap Lezat - Wartawanita.com

5 Tips Simpan Pisang Biar Tetap Lezat

Wartawanita.com – Rata-rata orang akan menyukai menyantap buah pisang karena selain rasanya yang enak juga kandungan vitamin di dalamnya. Menyantap pisang yang matang sempurna tentunya akan terasa lebih lezat dibandingkan mengomsumsi pisang yang masih dalam kondisi setengah matang atau terlalu matang. Pisang sendiri memang terkenal sebagai buah yang gampang menjadi busuk apalagi jika dibeli dalam kondisi yang sudah matang. Agar pisang dapat bertahan lama ada beberapa tips nya, yaitu :

Belilah Pisang Setengah Matang
5 Tips Simpan Pisang Biar Tetap Lezat - Wartawanita.com
Sebaiknya belilah pisang yang masih setengah matang. Ciri pisang yang masih setengah matang ini adalah ujungnya masih berwarna hijau sementara bagian tengahnya sudah menguning. Pisang setengah matang ini dapat bertahan lama saat disimpan di rumah. Ingat, pastikan saat membelinya di toko buah, pisang belum mengeluarkan bintik-bintik coklat yang menandakan pisang sudah terlalu matang. Pilih juga pisang yang masih mulus karena pisang yang cacat atau rusak akan terkena udara yang dapat mempercepat proses pematangan hingga akhirnya cepat menjadi busuk.
Simpan di Suhu Ruang

5 Tips Simpan Pisang Biar Tetap Lezat - Wartawanita.com

Sebaiknya menyimpang pisang di suhu ruang hingga akhirnya matang. Hindari udara panas karena dapat mempercepat proses pematangan. Jangan menyimpan pisang di dalam lemari es sebelum matang. Hal ini dapat membuat kulit pisang menjadi coklat lebih cepat dan akhirnya busuk. Udara dingin dapat memecahkan dinding sel kulit lebih cepat sehingga pisang menjadi coklat lalu menghitam sedangkan bagian daging pisang tetap mentah.

Gantunglah Pisang

5 Tips Simpan Pisang Biar Tetap Lezat - Wartawanita.com

Daripada menaruhnya di meja, akan lebih baik jika pisang disimpan dengan cara menggantungnya. Menggantung pisang dapat mencegah pisang menjadi cepat rusak karena terkena udara. Bisa juga dengan cara membungkus batang tandan pisang dengan plastik untuk membatasi kadar oksigen yang masuk sehingga menghambat kematangan dini.

Pisahkan Pisang dan Sayur

Sebaiknya hindari menyimpan pisang bersama sayuran. Buah dan sayuran memang mengeluarkan hormon khusus yang dapat mempercepat pematangan. Buah-buahan atau sayuran yang sudah coklat akan mengeluarkan lebih banyak hormon ethylene dari biasanya. Inilah yang menyebabkan buah dan sayuran lain yang berada di dekatnya dapat matang lebih cepat.

Jangan Menyimpang Pisang dalam Kantong Plastik Tertutup

Menyimpan pisang didalam kantong plastik tertutup dapat menyebabkan pisang cepat berubah menjadi cokelat karena hormon ethylene keluar lebih banyak.

Selamat menikmati pisang.

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            245 Views