12 Hal yang Perlu Anda Pikirkan untuk Dihapus dari Akun Facebook - Wartawanita.com

12 Hal yang Perlu Anda Pikirkan untuk Dihapus dari Akun Facebook

Wartawanita.com – Anda tahu dong Skandal Cambridge Analytica yang belakangan heboh dan bikin banyak orang mempertanyakan Facebook? Ya, ternyata halaman Facebook Anda itu punya nilai dan bisa disalahgunakan. Malahan nih, karena waspada dengan privasinya, banyak orang menghapus akun Facebook mereka.

Facebook adalah platform media sosial paling popular. Ibaratnya medsos adalah negara-negara, Facebook ini negara dengan jumlah penduduk terbanyak yaitu 1,860,000,000! (Menurut data dari Statista (2016) dan CIA World Factbook).

12 Hal yang Perlu Anda Pikirkan untuk Dihapus dari Akun Facebook - Wartawanita.com

Masih mau mempetahankan akun Facebook Anda?  Tak masalah. Tapi lebih baik lindungi privasi Anda dengan memperhatikan 12 hal yang mungkin ingin Anda hapus berikut ini:

1. Ulang tahun

Ulang tahun Anda adalah salah satu bagian dari teka-teki penting, mencakup nama dan alamat Anda. Dengan ini juga orang dapat lebih mudah mengakses rekening bank dan data pribadi Anda.

2. Nomor telepon

Seorang penguntit bisa menghubungi Anda tanpa henti. Ganggu banget kan?

3. “Teman” Anda yang Banyak

Profesor psikologi Oxford, Robin Dunbar, berteori bahwa manusia dapat mempertahankan sekitar 150 relasi atau hubungan yang stabil.

Setelah melihat 3,375 pengguna Facebook, Dunbar menemukan bahwa teman-teman Facebook mereka, 4.1 dianggap dapat diandalkan, dan 13,6 menunjukkan simpati ketika ada “krisis emosional.”

Menyingkirkan teman yang “tak relevan” dapat membuat interaksi yang lebih sehat di media sosial.

4. Foto-foto anak Anda/anggota keluarga muda

Victoria Nash, penjabat direktur Institut Internet Oxford, mengajukan pertanyaan yang sangat bagus tentang hal ini:  “Jenis informasi apa yang ingin anak-anak lihat tentang diri mereka secara online di kemudian hari?”

Generasi sebelumnya tidak pernah perlu mempertimbangkan ini, tetapi munculnya internet dan media sosial otomatis membuat pertanyaan ini menjadi lebih penting. Pertimbangkan untuk memposting foto atau kegiatan anak Anda yang akan membuat mereka malu dikemudian hari.

5. Tempat anak Anda bersekolah

Menurut NSPCC, jumlah pelanggaran seksual meningkat selama setahun terakhir.

Laporan itu mengatakan:  “Polisi mencatat 36.429 pelanggaran seksual terhadap anak-anak di Inggris pada tahun 2013/2014 … di Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara, polisi mencatat jumlah pelanggaran seksual tertinggi terhadap anak-anak dalam satu dekade terakhir.”

Jadi, hal terakhir yang Anda inginkan adalah memberi kesempatan pada penjahat seksual untuk mencari tahu di mana anak Anda bersekolah.

6. Layanan lokasi

Layanan lokasi hanya tersedia di Android atau iPhone.

Pada tahun 2015 TechCrunch melaporkan bahwa lebih dari 500 juta pengguna mengakses Facebook hanya dari ponsel mereka, yang berarti bahwa nomor yang sama memiliki potensi untuk memberitahu lokasi mereka secara online, dan siapa saja akan tahu Anda sedang berada di mana.

7. Manajer Anda

Yang ini klasik. Facebook adalah platform media sosial, dan pada tingkat tertentu interaksi Anda harus santai dong… Tapi kalau CEO tempat Anda bekerja bisa mengakses wall Anda, duh males juga kan? Apalagi ketika Anda mengeluhkan pekerjaan!

8. Hentikan melakukan tag lokasi Anda

Banyak orang lupa akan fakta bahwa ketika Anda menandai lokasi Anda (rumah Anda) maka artinya Anda memberikan alamat rumah.

9. Kapan dan dimana Anda pergi liburan

Menurut situs keuangan This is Money, pelancong yang dirampok saat mereka sedang berlibur kemungkinan tidak mendapatkan klaim asuransi mereka jika mereka memposting rencana liburan mereka di akun media sosial. Nah loh!

10. Status hubungan Anda

Jika Anda ingin merayakan mekarnya hubungan baru, jangan lakukan di Facebook ya… Syukur kalau hubungan itu sukses, kalau tidak? Duh malunya ketika merubahan status in a relatonship menjadi single.

11. Detail kartu kredit

Ya, jangan pernah coba pikir untuk melakukannya.

12. Gambar boarding pass

Memfoto boarding pass memang sering dilakukan, tapi jangan konyol! Barcode pada boarding pass Anda itu unik milik Anda, dan dapat digunakan untuk mencari informasi yang sudah Anda berikan kepada perusahaan penerbangan.

Nah itu tadi 12 hal yang mungkin perlu Anda pertimbangkan untuk menghapusnya dari akun Facebook Anda, agar privasi tetap terjaga selama bermedia sosial.

(Sumber: Indy100)

Penulis: Jelita

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            153 Views