Waspada ! Terik Menerpa dapat Mengakibatkan 7 Penyakit ini Mengintai Tubuh - Wartawanita.com

Waspada ! Terik Menerpa dapat Mengakibatkan 7 Penyakit ini Mengintai Tubuh

Wartawanita.com – Beberapa bulan belakangan ini cuaca di Jakarta khususnya terasa lebih terik dibanding dengan hari-hari sebelumnya. Musim kemarau atau musim panas memang akan membawa dampak buruk pada kesehatan manusia. Daya tahan tubuh dapat menurun terlebih lagi bila musim panas yang berkepanjangan. Jadi sebaiknya berhati-hatilah dalam kondisi cuaca seperti ini karena beberapa penyakit yang tidak terduga kemungkinan akan muncul.

Waspada ! Terik Menerpa dapat Mengakibatkan 7 Penyakit ini Mengintai Tubuh - Wartawanita.comHyperthermia

Hyperthermia atau demam tinggi dapat menyerang saat cuaca dengan suhu yang sangat tinggi. Hal ini mengakibatkan temperatur tubuh dapat meningkat (panas) dan terjadilah demam tinggi. Artinya penyakit ini dapat terjadi karena suhu badan yang terlalu panas. Suhu tubuh yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada otak dan organ-organ vital lainnya. Oleh sebab itu hindari paparan langsung dari terik matahari dan tetaplah berada dalam ruangan yang dilengkapi alat pendingin ruangan agar suhu tubuh tetap stabil.

Waspada ! Terik Menerpa dapat Mengakibatkan 7 Penyakit ini Mengintai Tubuh - Wartawanita.comSakit Mata

Saat musim kemarau tiba, udara menjadi tidak sehat. Debu, kotoran dan asap yang merajalela di jalanan menjadi salah satu penyebab timbulnya sakit mata yaitu mata merah, gatal atau panas. Penting untuk diperhatikan pada pengendara sepeda motor, sebaiknya saat berkendaraan gunakan kacamata sebagai pelindung dari debu dan asap yang dapat mengganggu kesehatan mata dan kenyamanan penglihatan.

Waspada ! Terik Menerpa dapat Mengakibatkan 7 Penyakit ini Mengintai Tubuh - Wartawanita.comSakit Kepala Sebelah

Cuaca yang terik dapat menjadi salah satu pemicu sakit kepala sebelah atau migrain. Selain udara yang panas, polusi udara yang tinggi juga dapat menjadi penyebabnya. Pencegahannya adalah dengan menghindari paparan langsung dari sinar matahari yang terik.

Waspada ! Terik Menerpa dapat Mengakibatkan 7 Penyakit ini Mengintai Tubuh - Wartawanita.comAsma

Pemicu penyakit asma adalah karena terjadinya peningkatan polusi udara, asap dan serbuk bunga yang berterbangan ketika musim kemarau atau cuaca panas tiba. Inilah yang harus diwaspadai jika memang mempunyai riwayat penyakit asma. Dalam kondisi cuaca ekstrim sebaiknya hindari kegiatan-kegiatan di luar ruangan dan selalu gunakan masker atau pelindung wajah, agar tidak berkontak langsung dengan polusi udara. Ingat, penyakit asma akan bereaksi dengan udara panas.

Waspada ! Terik Menerpa dapat Mengakibatkan 7 Penyakit ini Mengintai Tubuh - Wartawanita.comDiare

Diare bisa terjadi ketika lingkungan sekitar menjadi kotor dan tercemar. Otomatis hal ini akan menyebabkan makanan dan minuman yang  dikonsumsi akan terkontaminasi dengan debu, kuman dan lalat si sumber penyakit juga karena sulitnya mendapatkan air bersih. Ketika lingkungan tercemar maka penyakit diare akan lebih mudah menyerang. Ingat, pada musim kemarau yang panas konsentrasi kuman pada air minum juga lebih banyak karena sumber mata air minum juga mudah terkontaminasi dengan kuman saat musim kemarau.

Waspada ! Terik Menerpa dapat Mengakibatkan 7 Penyakit ini Mengintai Tubuh - Wartawanita.comISPA

Bahaya penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) selama musim panas panjang harus diwaspadai ! Udara dan lingkungan yang kotor juga karena debu serta asap akan memengaruhi kesehatan, dalam hal ini berkaitan dengan masalah saluran pernapasan.

Waspada ! Terik Menerpa dapat Mengakibatkan 7 Penyakit ini Mengintai Tubuh - Wartawanita.comHeat Stroke

Lingkungan dengan suhu tinggi dapat mempengaruhi mekanisme pengeluaran panas. Kondisi ini disebut heat stroke. Penderita heat stroke tidak berkeringat karena sudah kehilangan elektrolit yang sangat berat dan malfungsi hipotalamus. Heat stroke dengan suhu yang lebih besar dari 40,5°C mengakibatkan kerusakan jaringan pada sel dari semua organ tubuh.

Jadi agar dapat terhindar dari penyakit yang ada di musim panas ini, rajinlah minum air putih, buah-buahan serta sayuran serta menghindari terpapar secara langsung oleh sinar matahari.

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            129 Views