Waspada Saat Suara Tiba-tiba Berubah, Bisa Jadi ini Gejala Kanker Kepala Leher - Wartawanita.com

Waspada Saat Suara Tiba-tiba Berubah, Bisa Jadi ini Gejala Kanker Kepala Leher

Waspada Saat Suara Tiba-tiba Berubah, Bisa Jadi ini Gejala Kanker Kepala Leher - Wartawanita.comWartawanita.com – Nama kanker kepala dan leher memang tidak sepopuler kanker lainnya, seperti kanker payudara ataupun serviks. Namun jangan anggap sepele kanker ini karena nyawa dapat menjadi taruhannya bila penderita tidak segera mendapatkan perawatan yang intensif. Menurut Prof. Dr. Soehartati Gondhowiardjo, Sp.Rad (K) OnkRad, Spesialis Onkologi Radiasi dari RSCM, makanan dapat menjadi salah satu pemicu munculnya kanker kepala leher.

“Makanan dengan pengawet, pewarna, perasa, mengandung alkohol dan tembakau dapat menjadi pemicu kanker kepala leher ini,” ujarnya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Soeharti juga menambahkan bahwa sebaiknya jangan mengonsumsi makanan terlalu panas karena dapat menganggu lapisan mukosa mulut. Lapisan ini sangat rentan terhadap berbagai macam paparan, antara lain rokok. “Lapisan mukosa mempunyai sifat sangat khas terhadap paparan. Rokok sangat mempengaruhi lapisan itu,” tambah Soehartati.

Agar dapat lebih mewaspadai datangnya kanker kepala leher ini ada beberapa tanda gejala yang harus diwaspadai agar dapat mengambil tindakan sedini mungkin, yaitu :

Waspada Saat Suara Tiba-tiba Berubah, Bisa Jadi ini Gejala Kanker Kepala Leher - Wartawanita.comAdanya Benjolan pada Leher

Sifat kanker ini adalah sebelum menyebar ke bagian tubuh lainnya, kanker ini akan menyerang ke kelenjar getah bening di leher. Segera memeriksakan diri ke dokter apabila benjolan ini menetap lebih dari 2 minggu. Memang tidak semua benjolan adalah kanker tetapi untuk beberapa benjolan di sekitar leher biasanya merupakan pertanda awal dari kanker tenggorokan, mulut, kelenjar tiroid, atau sejenis limfoma ataupun kanker darah.

Terjadinya Perubahan Suara

Pada penderita kanker laring kebanyakan akan menyebabkan terjadinya perubahan suara. Sebaiknya segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter jika perubahan terjadi lebih dari dua minggu.

Adanya Sesuatu yang Tumbuh di Dalam Mulut

Kanker mulut atau lidah biasanya dapat menyebabkan luka terbuka serta pembengkakan yang tidak sembuh-sembuh. Biasanya luka tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri apalagi jika terinfeksi. Sedangkan pada stadium lanjut akan akan terjadi pendarahan.

Terjadinya Perdarahan

Terjadinya perdarahan sering juga terjadi karena penyakit lain, seperti tumor di dalam mulut, tenggorokan, hidung atau paru-paru yang dapat menyebabkan pendarahan. Tetapi segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter jika selama beberapa hari atau lebih di dalam ludah atau dahak terdapat darah.

Mengalami Kesulitan Menelan

Penderita kanker tenggorokan biasanya akan menyebabkan kesulitan dalam menelan makanan, terutama makanan yang keras atau padat.

Waspada Saat Suara Tiba-tiba Berubah, Bisa Jadi ini Gejala Kanker Kepala Leher - Wartawanita.comSakit Telinga yang Tidak Kunjung Reda

Biasanya pertanda dari terjadinya infeksi tumor di dalam tenggorokan adalah rasa nyeri saat menelan dan selalu menetap di dalam atau sekitar telinga. Ini merupakan masalah serius yang segera perlu diobati.

Lebih baik mencegah daripada mengobati ya.

Kode unik: M#kesehatan99

Info Mengenai Manfaat Dari Kode Unik Untuk Kesehatan Anda dan Keluarga? Klik DI SINI 

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            141 Views