luwak

Wanita-Wanita Kaya Di Bisnis Dunia Maya

WartaWanita.com – Bisnis online awalnya tak lebih dari sekadar usaha sampingan. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, makin banyak orang yang justru menjadikan bisnis online sebagai core business mereka. “Kodrat” bisnis online yang tak terikat waktu, jarak dan bangunan fisik – seperti halnya bisnis konvensional – membuat peluang usaha ini kian marak dan menarik.

Kaum hawa, boleh jadi, adalah pihak yang paling “diuntungkan” dengan adanya booming bisnis online ini. Betapa tidak, mereka tetap bisa menghasilkan profit tanpa harus meninggalkan rumah dan keluarga. Namun, meski dilakukan sambil “momong anak”, sejumlah wanita yang menjalankan bisnis di dunia maya mampu meraup omzet hingga miliaran rupiah per bulan. Dan hebatnya, bisnis online yang mereka jalankan ternyata tak melulu berupa fashion, personal care dan kuliner. Ada juga yang sukses menjalankan kelas online dan self-publishing. Berikut beberapa nama wanita yang sukses menjalankan bisnis mereka secara daring.

Theresia Deka Putri

Pada usianya yang masih belia, wanita Gresik berusia 29 tahun ini mampu menghasilkan omzet lebih dari Rp1 miliar per tahun. Jenis usaha yang dijalankan Deka adalah minuman alami kopi dan teh. Deka memulai usahanya pada 2007, saat usianya masih 20 tahunan. Nilai lebih yang dimiliki produk Deka adalah biji kopi yang dimakan lumwak jantan atau dalam bahasa Jawa disebut luwak lanang. Deka pun merilis brand Kopi Luwak Lanang. Saat ini produknya telah dikenal hingga ke mancanegara seperti Taiwan, Jepang, Korea Selatan bahkan Eropa dan Amerika. Selama menjalankan bisnisnya, Deka berhasil meraih sejumlah penghargaan seperti Wirausaha Muda Mandiri tahun 2012 dan Pemuda Pelopor Gresik bidang kewirausahaan

Anne Ahira

Wanita yang lahir di Bandung ini memulai bisnis online-nya sejak tahun 2001 dan pada tahun 2005 dia mendirikan AsianBrain.com, sebuah sekolah Internet Marketing yang dilakukan secara online. AsiaBrain.com memiliki ribuan anggota dari seluruh Indonesia. Anne Ahira pernah diundang oleh pemerintah untuk mewakili Indonesia sebagai pembicara APEC pada tahun 2007. Proses belajar mengajar di AsianBrain dilakukan secara online menggunakan media internet. Waktu belajarnya pun sangat fleksibel. Untuk bisa belajar dari Anne, Anda akan dikenakan biaya Rp. 250.000 per bulan. Jika muridnya ribuan, Anda bisa bayangkan omzet yang diperoleh Anne. Jumlah ini tentu saja belum termasuk fee sebagai pembicara di seminar-seminar online marketing.

Aulia Rahmadhani dan Diajeng Lestari

Aulia Rahmadhani, wanita muda yang mulai mengenal bisnis sejak masih remaja, dan semakin mencintai bisnis nya ketika dia duduk di bangku kuliah. Sebelumnya Aulia sempat mencoba berbagai moda bisnis, termasuk muli level marketing. Keinginan Aulia untuk merintis brand sendiri membuat gadis ini memutuskan untuk berhenti dari MLM. Bisnis yang digeluti Aulia saat ini adalah hijab stylish dengan brand Zahira Hijab. Produk kreasi Aulia dapat dilihat di https://www.facebook.com/HijabCantikZahira.

Selain Aulia, di sektor ini kita juga akan menemukan nama Diajeng Lestari. Wanita ini merupakan founder HijUp. HijUp sendiri merupakan e-commerce yang khusus menjual barang-barang fashion Islami wanita di Indonesia. Pelanggan HijUp (https://www.hijup.com/id) tak hanya di Indonesia, ia juga mendapat pesanan dari luar Negeri seperti Singapura dan Malaysia.

Aulia Halimatussadiah

Wanita ini merupakan salah satu pelopor penulis yang berani menerbutkan buku karya mereka secara self-publishing. Latar belakang Aulia mendirikan perusahaan ini adalah pengalamannya yang kurang menyenangkan ketika menyodorkan naskah ke sejumlah penerbit major. Dengan cara ini, ia berhasil menerbitkan tak kurang dari 27 judul buku karyanya sendiri. Aulia belum lama ini terpilih sebagai Kartini Next Generation, Inspiring Woman in ICT 2013 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Nama-nama di atas hanya beberapa dari banyak perempuan yang berhasil menggapai sukses di jagad bisnis online. Seperti juga bisnis lainnya, komitmen, passion, konsistensi dan kerja keras adalah kunci mereka dalam meraih sukses. Bedanya, mereka nggak perlu ke luar rumah untuk mempromosikan bisnis mereka. Optimalisasi search engine dan aktif di sosial media adalah sebuah keniscayaan untuk moda bisnis ini. So tunggu apa lagi? Segera berdayakan (baca: monetizing) network dan komunitas Anda…

Tags:
0 shares
                            237 Views