Wanita Harus Tahu 7 Tanda Testosteron Rendah Pada Pria - Wartawanita.com

Wanita Harus Tahu 7 Tanda Testosteron Rendah Pada Pria

Wartawanita.com – Seperti yang telah kita ketahui, Testosteron adalah salah satu hormon yang diproduksi oleh tubuh kita. Pada pria, testosteron sebagian besar diproduksi di testis dan bertanggung jawab untuk merangsang produksi sperma dan dorongan seksual, serta untuk membangun otot dan massa tulang. Dengan bertambahnya usia pria, produksi testosteron pun menurun. Ketika produksi secara drastis turun atau berhenti, berbagai gejala dan komplikasi dapat saja terjadi. Tanda-tanda testosteron rendah sering kali terasa halus dan keliru , diduga itu sebagai bagian alami dari proses penuaan.

Berikut adalah tanda-tanda testosteron rendah pada pria yang harus Anda ketahui:

1. Sedikitnya Volume Air Mani

Testosteron berperan dalam produksi air mani, cairan yang membantu dalam motilitas sperma. Hal ini cukup sederhana: semakin banyak testosteron seorang pria, semakin banyak air mani yang ia hasilkan. Pria dengan testosteron rendah akan mengalami penurunan volume sperma mereka saat ejakulasi.

2. Kenaikan Lemak Pada Tubuh Pria

Jika tidak mengalami penurunan otot cukup buruk, pria dengan rendah testosteron juga mengalami peningkatan lemak tubuh. Meskipun alasan di balik ini tidak sepenuhnya jelas, penelitian telah menunjukkan bahwa gen yang mengontrol presentase lemak tubuh juga bertanggung jawab terhadap tingkat sirkulasi testosteron pada pria.

3. Gairah Seks Pria Menjadi Rendah 

Testosteron adalah kunci bagi libido seorang pria. Dengan bertambahnya usia,  sebagian besar pria mengalami penurunan gairah seks. Saat berhubungan seks, rendahnya tingkat testosteron juga dapat membuat sulit untuk mencapai orgasme.

4. Pria Cepat Merasa Lelah & Kurang Energi

Pria dengan testosteron rendah mengalami kelelahan ekstrim dan penurunan tingkat energi. Jika Anda sering kali lelah, meskipun cukup tidur, Anda mungkin mengalami gejala testosteron rendah.

5. Suasana Hati Pria yang Selalu Berubah

Pria dengan kadar testosteron rendah dapat mengalami gejala mood yang sering berubah. Testosteron sering digambarkan sebagai “bahan bakar” untuk laki-laki. Ini membuat banyak proses fisik dalam tubuh mereka. Tetapi juga meningkatkan suasana hati dan kapasitas mental mereka. 

6. Rambut Pria Mengalami Kerontokan

Testosteron berperan dalam beberapa fungsi tubuh, termasuk produksi rambut. Botak adalah bagian alami dari penuaan bagi banyak orang. Namun, pria dengan testosteron rendah dapat mengalami kerontokan rambut dan bulu tubuh.

7.  Pria Sulit Untuk Mencapai Ereksi

Testosteron merangsang dorongan seks seorang pria, termasuk membantu dalam mencapai ereksi. Testosteron sendiri tidak menyebabkan ereksi, tetapi merangsang reseptor di otak untuk memproduksi oksida nitrat, yaitu sebuah molekul yang membantu memicu ereksi. 

Demikian 7 tanda testosteron rendah yang harus Anda tahu. Apakah ada salah satu tanda yang pasangan Anda alami? Jika ya, segera lah berkonsultasi dengan dokter.

(Sumber: HealthLine)

Penulis: Jelita

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            456 Views