Walau "Jadul", Tapi 5 Kue Ini Masih Dicari - Wartawanita.com

Walau “Jadul”, Tapi 5 Kue Ini Masih Dicari

Wartawanita.com – Indonesia terkenal sebagai surganya makanan bagi pecinta kuliner. Mulai dari warung kaki lima, kafe hingga restoran bintang lima memenuhi setiap sudut kota. Namun jika diamati, akan ada pola kue-kue yang akan berulang kembali di masa kini. Bahkan beberapa kue jadul ini justru di jaman sekarang justru kembali ngehits. Ini dia kue-kue tersebut, seperti :

Kue Koya

Walau "Jadul", Tapi 5 Kue Ini Masih Dicari - Wartawanita.comMungkin mereka yang kelahiran tahun 2000 an akan asing dengan keberadaan kue ini. Tapi tentunya mereka yang remaja di tahun ‘90 an pasti akan mengenal dengan baik kue ini. Kue yang terbuat dari tepung ketan ini mempunyai cita rasa yang sangat manis. Secara fisik kue ini juga sangat rapuh sehingga ketika akan menyantapnya haruslah ekstra hati-hati agar remahnya tidak tercecer ke mana-mana.

Kue Clorot

Walau "Jadul", Tapi 5 Kue Ini Masih Dicari - Wartawanita.comKue ini sekarang memang agak sulit untuk menemukannya.  Kue ini memang berasal dari  daerah Grabag, Purworejo. Pada awalnya, kue berbalut daun kelapa alias janur ini hanya dapat ditemui di pasar Grabag, Purworejo. Cara makan kue ini cukup unik, tidak perlu membuka bungkusnya dari atas tapi hanya cukup bagian bawahnya di tekan dengan menggunakan jari telunjuk sampai ujung kuenya keluar.  Kue ini memang sulit untuk ditemukan bahkan kabarnya sudah hampir punah !

Kue Putu Bambu

Walau "Jadul", Tapi 5 Kue Ini Masih Dicari - Wartawanita.comKue putu bambu terbuat dari bahan baku utamanya tepung beras dan air. Adonanya dicetak dalam cetakan bambu lalu diberi gula merah dan dimasak dengan cara diuapkan hingga matang. Setelah matang kue putu bambu disajikan dengan taburan kelapa parut yang diberi sedikit garam. Kue ini biasanya hanya dijual saat malam hari karena lebih enak disantap dalam keadaan masih panas.

Kue Gambang

Walau "Jadul", Tapi 5 Kue Ini Masih Dicari - Wartawanita.comMakanan ini biasanya lebih sering disebut sebagai roti walau teksturnya tidak seperti roti karena lebih keras. Bahan utama kue berwarna coklat ini adalah tepung, kayu manis, dan gula merah. Biasanya, roti gambang dinikmati sebagai teman minum kopi atau teh di zaman penjajahan Belanda dulu. Sedangkan di Sukabumi roti gambang biasa disebut dengan nama kue bodeng yang biasa dijajakan di warung-warung kecil di perkampungan.

Kue Balok

Walau "Jadul", Tapi 5 Kue Ini Masih Dicari - Wartawanita.comKue balok merupakan kue jadul khas Bandung yang saat ini sedang boming lagi. Nama kue ini disesuaikan dengan bentuknya yang memang berbentuk kotak-kotak mirip dengan balok. Kue balok terbuat dari tepung terigu, telur, gular pasir, mentega, air, dan pengembang. Pada dasarnya kue balok ini mirip dengan roti, tapi proses memasaknya yang harus dibakar di atas arang membuat kue balok ini memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Kue Rangi

Kue rangi sebetulnya merupakan kudapan khas dari Jakarta yang bisa dibilang legendaris. Kenapa legendaris, karena memang dari jaman dahulu kue ini sudah ada. Kue rangi mempunyai rasa yang legit percampuran antara manis dan asin. Kue ini serasa bertambah nikmat karena pasti sisajikan dengan pasta gula Jawa.

Yummy banget kue-kue ini untuk dicicipi.

Tags:
0 shares
                            788 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *