Uniknya Bajaj Pink di India untuk Keselamatan Wisatawan Wanita - Wartawanita.com

Uniknya Bajaj Pink di India untuk Keselamatan Wisatawan Wanita

Uniknya Bajaj Pink di India untuk Keselamatan Wisatawan Wanita - Wartawanita.com
Bajaj Pink dipersembahkan khusus untuk wanita.

Wartawanita.com – Kalau di Jakarta sudah tersedia bus Transjakarta Pink yang khusus untuk penumpang wanita tapi saat berkunjung ke India jangan kaget kalau bertemu dengan bajaj pink dimana supir dan penumpangnya haruslah wanita. Meski secara statistik India merupakan negara yang aman untuk dikunjungi tapi tetap saja para turis wanita kerap berfikir dua kali sebelum mengunjungi negara tersebut gara-gara banyak mendengar berita tentang pelecehan.

Dalam beberapa tahun terakhir ini setelah terjadinya beberapa insiden pelecehan, keamanan untuk kaum wanita menjadi prioritas dalam agenda politik di India. Berbagai macam startegi telah disusun untuk mengubah persepsi bahwa India adalah tujuan yang tidak aman bagi wanita. Faktanya adalah bahwa India sudah lama membuat program yang dirancang untuk membuat perjalanan lebih aman bagi kaum wanita seperti dikutip dari Lonely Planet.

Mulai dari gerbang khusus wanita yang telah dipergunakan di kereta di Mumbai sejak 1992 dan ada juga kereta yang semua gerbongnya dikhususkan untuk penumpang wanita di Delhi, Mumbai, Kolkata dan Chennai pada 2009. Saat ini perhatian mulai beralih ke taksi dan bajaj, di mana penumpang wanita lebih sering hanya berduaan dengan supir.

Yayasan Azad Foundation telah meluncurkan sebuah proyek bernama Women on Wheels, dimana yayasan ini telah melatih puluhan wanita India untuk menjadi supir taksi. Diharapkan dengan wanita menjadi supir taksi dan bajaj dapat memberikan layanan transportasi yang aman bagi para wisatawan wanita yang melancong ke India.

Salah satu transportasi yang sudah melayani penumpang wanita adalah Pink Autos,  yang merupakan bajaj yang dikendarai dan ditujukan khusus untuk penumpang wanita. Pink Autos sudah mulai bermunculan di berbagai kota di India, termasuk Delhi, Mumbai dan Surat. Akan tetapi, kendala yang terjadi adalah kesulitan menemukan kendaraan khusus wanita ini di tengah kemacetan jalan di kota-kota besar di India.

Permasalahan ini langsung ditangkap sebagai peluang oleh TYGR yang merupakan sebuah aplikasi pemesanan transportasi India. TYGR berharap dapat mengintegrasikan layanan pemesanan untuk kendaraan umum  khusus wanita. Ranchi di Jharkhand adalah kota pertama peluncuran aplikasi yang  dioperasikan melalui telepon genggam, dan ada rencana untuk mengembangkan layanan ini ke semua kota di mana TYGR beroperasi.

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            132 Views