gosip1

Trik Hadapi Si “Bigos”

Wartawanita.com – Si Bigos alias biang gosip, biasanya di setiap kantor pasti ada teman dengan karakteristik seperti ini. Walaupun ada yang berpendapat bahwa gosip dapat berdampak positif tapi ada juga yang berpendapat bahwa gosip justru akan membawa dampak pada lingkungan kantor menjadi stress.

Seorang ahli antropologi pernah mengatakan bahwa manusia berevolusi dengan cara bergosip satu sama lain karena sepanjang sejarah terbukti itu membuat orang semakin akrab. Tapi bila logika ini diterapkan maka otomatis individu yang menjadi bahan gosip tidak dapat ikut dalam pembicaraan akan terisolasi.

Menurut Dr. Jack Levin, penulis buku Gossip: The Inside Scoop, gosip bisa baik untuk kesehatan batin. Jack menulis, meski membicarakan orang di belakang punggungnya bisa membawa keburukan, secara umum gosip menjadi pengikat kelompok sosial dan jaringan bisnis.

Jika memang terkena gosip di kantor jangan keburu panik dan sikapi secara dewasa, caranya :

Klarifikasi ke Sekitar

Saat ada yang membicarakan sesuatu tentang diri kita yang tidak benar segera coba untuk mengklarifikasinya. Beri penjelasan dan yakinkan pada orang terdekat bahwa gosip tersebut tidak benar sama sekali dan kabarkan kebenaran dan siap untuk menyeimbangkan wacana buruk tentangmu ke orang-orang lain.

Tertawa Sajalah ! Nggak Penting

Tidak perlu dipikirin. Tertawa saja. Lagipula ngapain terlalu peduli? Emang penting? Apakah akan membuat hidup kita berubah gara-gara omongan keliru mereka? Tertawa saja, nanti juga bosen sendiri kok. Toh, pembenci pada akhirnya akan dibenci. Yakin!

Jangan Perlihatkan Wajah Bingung

Satu yang harus diingat, jangan membuat si penggosip merasa menang! Nah, terlihat bingung, sedih, tidak percaya diri akan membuat terlihat kalah.  Bersikaplah sedewasa mungkin! Angkat kepala, kembangkan senyum di bibir, angkat bahu dan berjalanlah dengan langkah mantap. Sesekali sapa si penggosip seperti “Hai!”. Ini akan meninggalkan kesan powerfull.

Always Happy

Lawan si tukang gosip dengan menonjolkan sisi baik tentang diri sendiri. Terus raih prestasilah setinggi mungkin. Buat si tukang gosip merasa tidak sehebat diri kita. Mereka menghabiskan waktu untuk menggosipkan kita sementara kita mengisi waktu untuk berprestasi. Kan keren! Tunjukan bahwa kita mempunyai banyak teman. Tunjukkan bahwa masih banyak orang yang menyayangi kita, mendukung dan berbahagia bersama kita. Posisikan si tukang gosip sebagai sekelumit orang yang kurang kerjaan diantara banyak orang yang menguatkan kita.

Abaikan Akun Si Penggosip

Jangan sekali-kali ingin tahu tentang akun facebook ataupun twitter si penggosip. Kalau sampai si penggosip melihat ada postingan yang menyindir, itu justru akan membuat capek sendiri. Biar tidak bingung kalau sudah keterlaluan gosipnya sebaiknya blokir saja.

Waspada Dengan Siapa Berbicara

Rasanya kalau digosipin pasti kuping panas. Spontan mungkin akan ngejelekin si penggosip. Sebaiknya hati-hati dengan apa yang dibicarakan dan dengan siapa bicaranya. Justru nanti bisa-bisa omongan kita akan disampaikan ke si tukang gosip. Parahnya lagi kalau si tukang ngadu menambah-nambah omongan.

Hadapi dengan Kesatria

Ada kalanya si penggosip sudah keterlaluan, jadi  tidak ada salahnya kalau harus dihadapi secara langsung. Tanyakan langsung mengapa si penggosip tidak menyukai kita dan kesalahan yang sudah diperbuat sehingga membenci diri kita.  Tapi hendaknya lakukan dengan cara yang elegan, bukan teriak-teriak. Karena yang terpenting adalah bagaimana pesan yang ingin kita sampaikan dapat diterima dengan jelas, bukan seberapa keras volume suara kita. Tapi ini memang butuh keberanian ya.

Introspeksi Diri Juga

Sebetulnya tidak ada asap kalau tidak ada api. Oleh sebab itulah selain sibuk membela diri, kitapun perlu introspeksi. Apa sih sisi buruk kita sampai membuat orang lain sangat tidak menyukai kita. Atau barangkali kita pernah menyakiti mereka. Atau ini balasan dari sifat kita yang juga seorang penggosip? Kan bisa jadi!

Jadi muali sekarang lebih baik menghindar dari si penggosip dan menjadi tukang gosip ya.

Kode unik: KLIK di sini

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            118 Views