ngepas1

Tips Tetap Tenang Walau Gaji “NgePas”

Tips Tetap Tenang Walau Gaji "NgePas"Wartawanita.com – Rasa khawatir tentang keuangan setiap bulan pasti selalu menjadi ganjalan dalam pikiran, apalagi jika pemasukan per bulanya tidak cukup besar. Era modern seperti sekarang membuat orang harus bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, padahal dari harga di pasar masih terus merangkak naik. Agar kebutuhan sehari-hari tercukupi haruslah pintar mengelola sistem keuangan dimana harus membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Tidak hanya dari jenis pekerjaannya saja, wanita juga harus tahu bagaimana mengelola keuangan meskipun gaji perbulan terbilang pas-pasan. Godaan untuk membeli beragam pernak-pernik bahkan sampai produk makeup tentu menjadi hal lumrah bagi wanita. Akan tetapi rasa was-was saat akhir bulan bisa ditepis berkat sistem keuangan terbaik meski gaji pas-pasan. Namun, memakai cara-cara sederhana berikut ini dapat membuat wanita tidak lagi khawatir mengelola keuangan meskipun gaji perbulan pas-pasan.

Hilangkan Image Gali Lubang Tutup Lubang

Pepatah gali lubang tutup lubang ternyata masih banyak dilakukan untuk mencukupi finansial setiap bulan. Hutang adalah cara cepat untuk menutupi kekurangan, akan tetapi dari cara tersebut dapat menjadi boomerang bagi wanita dimana hutang akan merubah sistem keuangan sehingga akan mengalami kesulitan untuk melunasinya. Kebiasaan gali luang tutup lubang akan memperburuk kondisi keuangan, oleh sebab itu agar seumur hidup tidak dihantui hutang cobalah untuk tidak berhutang meski kondisi finansial sedang kritis.

Belilah Kebutuhan Bukan Keinginan

Seperti sudah diungkapkan di atas bahwa perbedaan keinginan dengan kebutuhan tentu memberi dampak pada sistem keuangan. Sebelum membeli sesuatu barang cobalah berpikir secara matang apakah barang ini  benar-benar dibutuhkan atau hanya sekedar menginginkannya saja. Pikirkan prioritas kebutuhan mulai dari dampak baik dan buruk setelah membeli sebuah barang. Jangan sampai pengeluaran per bulan lebih besar daripada pemasukan sehingga tidak ada sisa untuk ditabung.

(Baca juga: Kelola THR Dengan Bijaksana)

Jangan Hidup Sok Kaya

Hidup dalam gengsi atau cenderung sok kaya malah membuat wanita menjadi semakin terpuruk. Ada ungkapan bergayalah sesuai dompet sebenarnya dapat diterapkan, namun sampai sekarang banyak orang menyalahartikan ungkapan tersebut.  Jangan membeli barang-barang mewah yang belum berguna seperti perhiasan hingga smartphone. Jangan terpengaruh dunia luar dimana banyak orang bergaya mewah padahal belum sesuai dengan sisi dompet, jadi bergayalah sederhana tanpa menonjolkan kemewahan. Kode unik: KLIK di sini

Lakukan Hal Positif

Agar keuangan perbulan semakin lancar dan baik maka lakukan hal-hal positif seperti aktif  berolahraga ataupun melakukan aktifitas yang membuat hati senang, namun jangan berbelanja ya. Mengerjakan hal dengan lebih tenang akan menghilangkan pikiran soal uang sehingga tidak dihantui oleh kekurangan uang di akhir bulan. Jadi jangan selalu fokus ke suatu hal yang menyangkut keuangan bulanan, alihkan ke suatu kegiatan positif sehingga hidup dapat lebih tenang.

Sisihkan Rejeki Untuk Orang Lain

Terakhir ada cara paling mudah dilakukan yakni menyisihkan sebagian rejeki yang dipunya untuk orang lain. Nikmat dari memberi rejeki kepada orang lain akan membuat perasaan menjadi lebih tenang bahkan akan mendapat keuntungan lebih karena mampu membuat orang lain bahagia.

Jalanilah hidup dengan sederhana sesuai kebutuhan ya.

(Baca juga: Waspada, 10 Kebiasaan Sepele yang Berbahaya)

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            206 Views