Tips Make-up Untuk Kulit Kering

Tips Make-up Untuk Kulit Kering

WartaWanita.com – Tips Make-up Untuk Kulit Kering. Berbeda dengan jenis kulit berminyak yang harus lebih memperhatikan produk yang akan dipakai, kulit kering dihadapkan dengan beberapa masalah terutama pada saat menggunakan makeup. Kadang foundation menjadi flaking, kadang concealer terlihat pecah-pecah yang tentu membuat complexion jadi tidak maksimal. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Sebelum kulit menjadi lebih kering, coba cegah dengan beberapa hal berikut ini sebelum Anda mengaplikasikan makeup pada kulit Anda. Intip langsung caranya ya Tips Make-up Untuk Kulit Kering

1. PERSIAPKAN KULIT WAJAH

Tips Make-up Untuk Kulit Kering
                                      Tips Make-up Untuk Kulit Kering

Tips Make-up Untuk Kulit Kering. Kunci utama untuk mencegah kulit kering adalah dengan melakukan persiapan pada kulit, terutama saat Anda hendak mengaplikasikan rias wajah. Ikuti tahapan berikut ini.

  • Mulailah dengan membersihkan wajah. Untuk kulit kering Anda, usahakan pilih pembersih wajah berbahan dasar krim yang lembut. Selain dapat melembapkan kulit, tekstur yang lembut ini tidak akan mengiritasi kulit kering dan sel kulit mati akan mudah terangkat.
  • Setelah kulit wajah telah bersih, pastikan Anda memberi kelembapan ekstra pada kulit. Gunakan serum atau oil sebelum mengaplikasikan pelembap pada wajah. Hal ini bertujuan menjaga kelembapan kulit lebih lama dari biasanya.
  • Kulit yang kering biasanya akan membuat makeup tidak menempel sempurna. Untuk mengunci riasan dan menjaga kulit tetap lembap seharian, gunakan primer sebelum mengaplikasikan rias wajah. Pilih yang memiliki tekstur creamy yang dapat melembutkan permukaan kulit, juga menutup ketidaksempurnaan pori-pori pada kulit wajah Anda.

2. PILIH PRODUK MAKEUP YANG SESUAI

Tips Make-up Untuk Kulit Kering. Meski telah menggunakan produk skin care yang dikhususkan untuk kulit kering, kulit Anda tetap membutuhkan kelembapan ekstra. Produk skin care saja mungkin tidak 100% mampu menjaga kadar lembap pada kulit. Siasati kondisi ini dengan menggunakan produk rias wajah yang juga memiliki kandungan pelembap khusus yang dibutuhkan kulit kering Anda.

Usahakan pilih produk dengan tekstur yang ringan namun creamy. Hindari penggunaan produk wajah yang memiliki tekstur kental atau ‘berat’ karena justru dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Penggunaan produk dengan tekstur yang berat juga bisa membuat hasil makeup Anda mudah ‘retak’. Untuk pengaplikasian produk, Anda bisa menggunakan bantuan aplikator seperti kuas sintetis atau spons yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan produk telah membaur sempurna.

3. HINDARI KESALAHAN

Jika kulit telah dirawat oleh produk skin care yang tepat dan Anda telah menggunakan produk makeup yang sesuai, namun kulit Anda masih rewel, mungkin saja Anda melakukan beberapa kesalahan berikut. Ada beberapa ‘pantangan’ yang harus Anda ketahui dan hindari seputar kulit kering.

  • Hindari menggunakan jari tangan ketika mengaplikasikan makeup. Menggunakan jari tangan dapat menggerus kelembapan alami kulit dan membuat kulit Anda semakin kering. Sebaiknya, gunakan bantuan aplikator makeup seperti kuas atau spons.
  • Apabila ingin melakukan touch-up, hindari penggunaan bedak yang justru semakin membuat kulit menjadi kering. Formula bedak, baik tabur maupun padat, akan menyerap minyak berlebih. Padahal, minyak alami inilah yang dibutuhkan kulit kering. Touch-up dengan bedak ini juga yang kadang membuat foundation terlihat retak, karena Anda kembali menumpuk makeup di atas makeup. Siasati dengan menggunakan blotting paper untuk menyerap minyak tanpa membuat kulit semakin kering.
  • Pemilihan produk untuk kulit kering pun perlu diperhatikan. Jika bingung, ada baiknya Anda membaca labelnya dengan cermat. Hindari memilih produk dengan label waterproof. Sebaliknya, pilih produk water-based atau berbahan dasar air memiliki. Pilih juga produk yang mencantumkan ekstra moisturizer ataupun creamy.
Tags:
0 shares
                            328 Views