Tips Gampang Pilih Telur Agar Tidak Terkecoh - wartawanita.com

Tips Gampang Pilih Telur Agar Tidak Terkecoh

Wartawanita.com – Memang memilih telur merupakan pekerjaan gampang-gampang susah. Terkadang saat membeli telur sesampai di rumah didapati telur sudah kering atau bahkan busuk padahal kulit luarnya masih tampak bagus dan mulus. Bahkan karena tidak teliti sebelum menggunakan telur tersebut, saat dipecahkan di dalam sebuah wadah maka jika sudah ada satu telur yang busuk maka seluruh telur dalam wadah tersebut tidak dapat digunakan alias harus dibuang !

Ini dia tips gampang memilih telur, yaitu :

Perhatikan Kulit Luar Telur

Tips Gampang Pilih Telur Agar Tidak Terkecoh - wartawanita.comTelur yang banyak kotoran menempel akan membawa bakteri yang dapat menembus dinding cangkang telor, meracuninya bahkan membuat telur tidak sehat lagi dan membusuk. Janganlah memilih telur yang sudah retak-retak apalagi pecah, meskipun harganya menjadi murah namun kontaminasi kuman sudah jelas tidak terelakkan lagi mengingat kondisi pasar yang tidak menjamin kebersihannya.

Cangkang Telur Asli Bertekstur Agak Kasar

Sering ditemukan adalah kulit telur tersebut sudah dibersihkan oleh penjualnya sehingga menjadikan cangkang menjadi halus.

Menerawang Telur di Bawah Sinar Lampu

Perhatikan telur di bawah penerangan lampu. Bila tampak warna tembus yang kuning maka pertanda masih bagus, dimana kuning telur masih terjaga posisinya. Bila warna kuning tidak ada bahkan gelap, kemungkinan kuning telur sudah mulai memudar atau putih telur sudah mengering.

Membandingkan Dua Telur dengan Ukuran Sama

Tips Gampang Pilih Telur Agar Tidak Terkecoh - wartawanita.comPilihlah dua telur dengan ukuran sama lalu rasakan beratnya. Bila beratnya berbeda, maka yang berat adalah merupakan telur yang bagus dan segar. Sedangkan telur yang ringan tadi ada kemungkinan telur jelek, dimana sebagian isinya telah mengering atau bahkan mulai membusuk tertembus kuman.

Kocok Telur Secara Perlahan

Secara perlahan cobalah untuk mengocok telur di atas. Jika tidak terasa ada goncangan di dalam telur, maka berarti volumenya masih penuh dan baik. Sedangkan jika terasa ada goncangan apalagi sampai bersuara, maka kemungkinan terbesar telur sudah rusak, dimana sebagian sudah mengering sehingga volume bagian dalam menjadi longgar.

Celupkan ke Dalam Air

Tips Gampang Pilih Telur Agar Tidak Terkecoh - wartawanita.comJika telur sudah di rumah dan dalam jumlah yang banyak cobalah untuk memilah telur mana yang dapat disimpan dan yang mana yang harus segera digunakan. Gunakanlah air di dalam baskom maka akan terlihat :

  • Telur yang tenggelam tidur, ini menandakan telur tersebut masih segar, bervolume penuh normal, sehingga berat, dan menjadi tenggelam. Selanjutkan pisahkan telur dengan kondisi ini karena dapat disimpan atau digunakan untuk di olah menjadi makanan sehingga terjaga kualitas dan rasanya.
  • Sedangkan telur yang berdiri, ini menandakan telur sudah berkurang volumenya. Kemungkinan telur sudah berumur  beberapa minggu. Selanjutnya pisahkan dan segeralah diolah.
  • Jika telur saat dimasukkan ke air langsung melayang maka ini menandakan telur sudah tidak segar lagi.
  • Bila telur sudah langsung mengapung, pertanda telur sudah tidak layak dikonsumsi. Kemungkinan usia telur sudah bulanan, sebaiknya segera disingkirkan karena bisa jadi telur sudah busuk.

Silahkan mencoba ya.

Tags:
0 shares
                            75 Views