calamari

Tips Agar Cumi Crunchy dan Yummy

WartaWanita.com – Sebagai pecinta seafood dan gorengan, tentu saja calamari goreng menjadi menu favorit saya sepanjang masa. Seporsi calamari goreng dengan kucuran jeruk lemon dan cocolan saus mayonais, menjadi santapan yang gak bisa dilewatkan begitu saja.

Meskipun begitu, saya merasa sayang jika ingin menikmati calamari goreng yang enak haruslah di restoran mahal. Sedangkan membuatnya sendiri, seringkali daging cuminya masih kenyal dan tepungnya tidak renyah. Ternyata membuat calamari goreng yang renyah dengan daging cumi anti alot, ada rahasianya lho.

Agar Cumi Empuk

Kesalahan memasak daging cumi membuatnya alot seperti karet ban. Ternyata rahasia membuat dagingnya empuk adalah dengan membekukannya terlebih dulu di dalam freezer atau sebaskom penuh es batu.

Potong-potong cumi seukuran lebar 1 cm atau 5 mm untuk bentuk cincin.

Bahan rendaman 

Marinasi daging cumi dalam campuran bawang putih, parutan kulit lemon, daun rosemary dan minyak zaitun untuk memberikan citarasa yang unik ala Italia.

Adonan tepung, kunci nikmat dan renyahnya calamari goreng

Ada berbagai cara membuat adonan tepung pelapis calamari goreng. Tetapi yang termudah adalah menggunakan tepung terigu, kuning telur dan air. Cukup 3 bahan itu saja. Buat adonan basah dengan mencampur ketiga bahan di atas.

Umumnya kita menggoreng calamari dalam minyak panas yang banyak. Tetapi ternyata ada cara lain yang membuatnya tetap enak disantap tanpa perlu bergelimang minyak. Tuangkan minyak sedikit saja, tingginya sekitar 1 inci, bolak-balikkan calamari di setiap sisinya. Goreng calamari di wajan ketimbang di panci.

 

 

Tags:
0 shares
                            258 Views