vitabumin-anak-belajar-menghafal

Tips Agar Anak Mau Belajar

Wartawanita.com  Anak saat masih kecil memang lebih banyak ingin menghabiskan waktunya untuk bermain. Mendidik anak untuk belajar itu gampang-gampang susah yah? Bagi sebagian anak belajar adalah sebuah beban yang mereka harus lakukan, bahkan anak juga memandang bahwa belajar merupakan hal yang menakutkan, malah kadang membuat orang tua menjadi kesal yang jika disuruh belajar hanya inginnya bermain saja. Memang merepotkan mengurus anak, tapi semua itu akan berubah tergantung para ibu mengajarinya agar anak termotivasi untuk belajar dirumah.

Sedikit tips yang dikutip dari blog bunda lita agar si anak mau belajar dengan gembira dan tidak tertekan, berikut dibawah ini.

1. Sering berkomunikasi sama anak

seorang ibu harus bisa mengatur waktu dan membagi kasihnya pada anak, jangan terlalu sibuk dengan urusan rumah, kantor, bahkan ngerumpi dengan tetangga, biasakan mengobrol dengan anak dan ciptakan keserasian agar hubungan yang terjalin semakin erat dan hal ini juga akan membuat anak semakin mudah untuk diatur. seperti contoh ajaklah anak mengobrol tentang kesehariannya seperti sekolah, atau teman-temannya. siapa tahu anak akan menceritakan kenapa dia sulit dan malas belajar.

2. Seorang ibu harus menjadi contoh yang baik

Jadi gini ladies, jika kalian telah berhasil merayu anak, lalu anak itu juga sudah mau belajar, sebaiknya kalian tetap ada disamping anak. sambil membaca buku atau majalah disampingnya. cara ini bisa memotivasi anak agar mau belajar. jangan malah menonton TV atau memainkan handphone disampingnya, nanti yang ada sikap malas akan hadir ketika sering melihat ibunya tidak mencontohkan yang baik.

3. Atur jam belajar anak

Mulai sejak dini sebaiknya para ibu harus mengatur waktu anak, bahkan dalam hal belajar. tapi tetap beri kebebasan pada anak, hal ini akan membuat anak terbiasa dengan rutinitas waktu yang memang sudah disepakati. contohnya tetapkan belajar anak sekitar jam lima sore setelah ia bermain, atau anda juga bisa memberi sedikit kejutan jika anak anda tepat waktu.

4. Jadikan suasana belajar menyenangkan

Biasanya seorang anak memiliki cara sendiri untuk belajar, mungkin jika selama ini pada umumnya para ibu memberikan suasana belajar yang sangat menjenuhkan, ada baiknya kalian memberikan suasana belajar yang menyenangkan. misalnya jika anak sedang belajar matematika, anda bisa memberikan tebak-tebakan mengenai matematika. cara ini cukup efektif loh ladies.

Nah, itulah beberapa tipsnya jadi mulai dipraktekan ya ladies bagi yang sudah memiliki anak.

Kode unik: W#tips92

Tags:
0 shares
                            279 Views