Tidak Perlu Sedih Berlarut-larut, Lakukan 6 Hal Saat Pernikahan Harus Batal - Wartawanita.com

Tidak Perlu Sedih Berlarut-larut, Lakukan 6 Hal Saat Pernikahan Harus Batal !

Wartawanita.com – Bagai dunia runtuh saat pernikahan harus batal dikarenakan suatu sebab ! Sedih, sudah pasti akan mendera tapi sebaiknya tidak berlama-lama karena harus diingat bahwa ada beberapa pihak ketiga yang perlu mengetahui pembatalan pernikahan ini. Mengapa sebaiknya tidak bersedih berkepanjangan karena hal ini menyangkut sejumlah dana yang sudah dikeluarkan dalam rangka persiapan acara pernikahan.

Tidak Perlu Sedih Berlarut-larut, Lakukan 6 Hal Saat Pernikahan Harus Batal - Wartawanita.comJadi sebaiknya segera lakukan beberapa hal ini, seperti :

Segera Hubungi Vendor yang Terkait

Segera buka lagi daftar vendor yang sudah terbayar walaupun perjanjian kerja sama batal secara sepihak. Paling tidak dapat diusahakan uang down paymet saja yang hangus. Lebih baik rugi setengah daripada jasa sudah terbayar penuh tetapi tidak ada gunanya. Jangan tunda-tunda menghubungi vendor, apalagi bila kabar batal menikah itu hanya beberapa hari menjelang hari-H.

Mengumpulkan Semua Barang yang Sudah Terbeli

Tidak Perlu Sedih Berlarut-larut, Lakukan 6 Hal Saat Pernikahan Harus Batal - Wartawanita.comSetelah menghubungi vendor dan meminta refund, segera membuat daftar vendor mana saja yang tidak dapat dibatalkan. Misalnya suvenir karena biasanya suvenir sudah terpesan sejak jauh-jauh hari. Saat kabar batal menikah datang mendadak, bisa saja suvenir ternyata sudah siap. Bila suvenir belum siap, mintalah suvenir dibuat tanpa nama. Misalnya berupa gelas, nanti bisa dijual sebagai tempat minum atau suvenir lain. Intinya adalah meminimalkan risiko kerugian dana lebih besar.

Hitung Dana yang Sudah Dikeluarkan

Dana yang sudah dikeluarkan harus dicatat agar dapat menghitung total kerugian dana, misalnya sudah bayar suvenir dan katering.  Kalkulasi ini menjadi dasar untuk menyusun rencana keuangan selanjutnya. Bila dana itu total dari pihak keluarga tentunya tidak mau kecolongan kalau ternyata ada pos pengeluaran yang belum lunas.

Hitung Sisa Anggaran

Tidak Perlu Sedih Berlarut-larut, Lakukan 6 Hal Saat Pernikahan Harus Batal - Wartawanita.comSisa budget pernikahan harus langsung dimasukkan kembali ke rekening tabungan. Syukur-syukur dana itu dapat diolah menjadi investasi, sehingga dapat lebih cepat balik modal. Misalnya reksa dana atau yang paling simpel deposito. Sebaiknya tidak tergiur iming-iming investasi bodong dengan return besar saja !

Pergi Berliburlah

Kesedihan harus dilupakan salah satu caranya adalah dengan pergi berlibur. Jika memang sudah membeli tiket untuk bulan madu, pergunakanlah sendiri atau bersama  sahabat dekat. Tetapi bisa  juga usahakan untuk meminta refund, dan cari destinasi lain agar cepat move on.

Umumkan Pada yang Sudah Menerima Undangan

Beritahukan semampu dan sebanyak kepada mereka yang sudah menerima undangan. Jadi, pastikan pada hari H, di tempat acara pernikahan telah menyiapkan orang yang dapat memberikan kabar pada tamu bahwa pernikahan telah dibatalkan.

Segera move on ya !

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            59 Views