Ternyata Telur di Luksemburg Ikut Terkontaminasi Zat Kimia Fipronil - Wartawanita.com

Ternyata Telur di Luksemburg Ikut Terkontaminasi Zat Kimia Fipronil

Ternyata Telur di Luksemburg Ikut Terkontaminasi Zat Kimia Fipronil - Wartawanita.com
Fipronil merupakan insektisida untuk membasmi kutu pada binatang.

Wartawanita.com – Telur yang selama ini dianggap sebagai makanan yang paling aman ternyata dapat terkontaminasi juga. Seperti yang terjadi di Luksemburg. Negara di Eropa ini menerima dampak terkini beredarnya telur terkontaminasi. Seluruh jaringan pusat perbelanjaan utama menarik telurnya dari rak dan beberapa perusahaan lain juga ikut terkena imbasnya menurut otoritas, Kamis (10/08).

Luksemburg merupakan negara kedelapan yang terimbas setelah telur terkontaminasi zat kimia fipronil  yang ditemukan di Belgia, Belanda, Jerman, Swedia, Swiss, Inggris dan Prancis. Pemerintah Luksemburg menyatakan mereka telah memberi tahu Komisi Eropa, unit eksekutif Uni Eropa yang menjalankan sistem peringatan keamanan makanan.

Pusat perbelanjaan murah Aldi telah menarik telur yang sudah dijual di Luksemburg. “Namun telur-telur terkontaminasi telah terjual di pasar Luksemburg,” menurut pengumuman pemerintah. Sejumlah telur yang terkontaminasi banyak fipronil tidak aman dimakan anak-anak, kata pemerintah dalam pernyataan yang dikutip kantor berita AFP. Namun mereka menyatakan telur-telur itu tidak menimbulkan ancaman bagi konsumen secara keseluruhan.

Aldi sendri bulan ini telah menarik semua telur dari Belanda yang ada didalam toko-toko di Jerman. Berdasarkan hasil pemeriksaan menemukan ‘sejumlah kecil’ fipronil pada telur-telur yang dijual di jaringan supermarket Luxemburg, Cactus. Telur-telur itu berasal dari Belanda menurut pemerintah.

“Sekarang produk itu sudah tidak ada lagi di pasar,” kata seorang juru bicara pemerintah. Fipronil umumnya digunakan di peternakan untuk menyingkirkan kutu. Uni Eropa melarang penggunaannya pada binatang-binatang yang ditujukan untuk konsumsi manusia seperti ayam. Dalam jumlah besar, insektisida itu menurut Organisasi Kesehatan Dunia ‘cukup berhahaya’ dan dapat menimbulkan bahaya pada ginjal, hati dan kelenjar tiroid manusia.

Kode unik: M#kesehatan99

Info Mengenai Manfaat Dari Kode Unik Untuk Kesehatan Anda dan Keluarga? Klik DI SINI 

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            86 Views