Ternyata, Inilah Sosok Belakang Layar Gula Komik - Wartawanita.com

Ternyata, Inilah Sosok Belakang Layar Gula Komik

Ternyata, Inilah Sosok Belakang Layar Gula Komik - Wartawanita.com

Wartawanita.com – Apakah ada yang tahu Gula Komik ? Itu loh, komik yang berkisah soal gadis kecil berambut pink dengan jambang melingkar bak gulali dan sudah beredar di kalangan anak-anak Indonesia. Ternyata kreatornya tidak lain adalah duo sejoli Johanes Park dan Jessica Leman. Keduanya yang telah menyelesaikan S1 di Kyungsung University, Korea Selatan, untuk jurusan Digital Animation dan akhirnya kembali ke Indonesia untuk mengembangkan karyanya.

Berawal dari proyek kuliah, terciptalah sebuah karakter komik berjudul Gula Komik. Gula Komik mempunyai tokok seorang gadis yang ceritanya masih duduk di sekolah dasar dan tinggal bersama seorang penyihir. Menurut keduanya, hingga saat ini, perkembangan dari komik tersebut mendapat banyak sambutan hangat terutama  bagi anak-anak di Indonesia. Dalam waktu dekat mereka akan mendapatkan hak paten dari pemerintah Indonesia untuk karakter yang mereka ciptakan itu.

“Seperti yang diketahui, kebutuhan hak cipta untuk karakter fiksi sudah sangat menjadi sesuatu yang paling penting di Industri kreatif lokal yang sudah semakin berkembang dan akan berjalan tidak optimal jika tanpa proteksi hak cipta,” kata mereka di sela penyelenggaraan Popcon Asia 2017, beberapa waktu lalu.

Baik Johanes dan Leman mengaku masih mengalami kesulitan untuk mempublikasikan karya mereka karena tidak ada koneksi. Bahkan mereka berkeinginan untuk berkolaborasi bersama komikus lain di Indonesia. “Tidak adanya koneksi di Indonesia, membuat karya kami sulit jika ingin dipublikasikan dan berkolaborasi bersama komikus lainnya,” kata mereka. Salah satu media yang saat ini digunakan untuk mempromosikan karya yakni melalui media digital, termasuk mengikuti webtoon challenge.

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            163 Views