Ternyata 10 Susu Hewan ini Kaya Vitamin dan Rasanya Tidak Kalah dengan Susu Sapi, Penasaran - Wartawanita.com

Ternyata 10 Susu Hewan ini Kaya Vitamin dan Rasanya Tidak Kalah dengan Susu Sapi, Penasaran ?

Wartawanita.com – Susu merupakan minuman sehat dan menjadi kebutuhan pada manusia. Ternyata selain susu sapi, ada beberapa susu dari beberapa hewan yang ternyata dapat dikomsumsi karena mengandung gizi dan vitamin seperti susu sapi. Beberapa susu hewan lain yang memungkinkan untuk diminum adalah :

Susu Babi

Memang belum lazim hewan ini diambil susunya untuk kebutuhan manusia. Akan tetapi, dibandingkan susu sapi, susu babi tinggi kandungan lemaknya. Tetapi memang untuk mendapatkan susu babi ini agak sulit karena waktunya yang terbatas.

Ternyata 10 Susu Hewan ini Kaya Vitamin dan Rasanya Tidak Kalah dengan Susu Sapi, Penasaran - Wartawanita.comSusu Unta

Negara gurun seperti Uni Emirat Arab, susu unta dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Susu unta dipercaya sangat tinggi protein dan mengandung tiga kali vitamin C dan 10 kali lipat zat besi ketimbang susu sapi. Susu hewan berpunuk ini juga tinggi asam lemak tidak jenuh. Kandungan vitamin B dan mineral serta sifat antimikroba nya juga tinggi, tidak ditemukan dalam susu sapi atau jika pun ada maka hanya dalam jumlah kecil. Biasanya susu unta dikonsumsi mentah atau difermentasi. Istimewanya susu unta bebas laktosa sehingga aman dikonsumsi bagi orang yang alergi laktosa.

Susu Kambing

Susu kambing dipercaya memiliki komposisi yang sama dengan susu sapi. Susu binatang ini dapat menjadi pengganti minuman sehat karena rendah lemak dan kaya protein serta kalsium. Keunggulan susu kambing adalah mudah dicerna dan mengurangi peradangan. Sedangkan kelemahannya tidak cocok untuk mereka yang alergi laktosa.

Susu Domba

Susu domba juga dipercaya karena tinggi protein, kalsium, besi dan Vitamin D. Kandungan padat dari susu domba membuatnya cocok untuk dibuat keju dan yoghurt. Sayangnya, susu domba mengandung laktosa lebih tinggi dari susu sapi.

Ternyata 10 Susu Hewan ini Kaya Vitamin dan Rasanya Tidak Kalah dengan Susu Sapi, Penasaran - Wartawanita.comSusu Kuda

Susu kuda dan keledai memiliki komposisi yang sangat mirip. Susu kuda juga rendah lemak dan tinggi laktosa tapi sangat baik untuk kesehatan kulit.

Susu Kerbau

Susu kerbau disinyalir mempunyai kandungan lemak yang tinggi. Kandungan lemaknya hampir dua kali lebih tinggi dari susu sapi sehingga sangat sulit untuk dicerna. Susu kerbau ini tidak disarankan untuk diberikan pada bayi.

Susu Yak

Susu yak mempunyai rasa yang manis dan memiliki aroma yang khas. Namun kadar lemak dan proteinnya lebih tinggi sehingga tidak cocok dikonsumsi rutin oleh manusia.

Ternyata 10 Susu Hewan ini Kaya Vitamin dan Rasanya Tidak Kalah dengan Susu Sapi, Penasaran - Wartawanita.comSusu Rusa

Susu rusa ini dikenal bebas laktosa tetapi sangat tinggi lemak. Selain itu susu rusa masih sangat jarang dan susah untuk ditemukan dikarenakan rusa termasuk hewan yang cukup lincah.

Ternyata 10 Susu Hewan ini Kaya Vitamin dan Rasanya Tidak Kalah dengan Susu Sapi, Penasaran - Wartawanita.comSusu Jerapah

Masih banyak yang belum mengetahui bahwasanya susu jerapah juga dapat dikomsumsi. Susu jerapah ini memiliki tekstur halus dan merupakan sumber Vitamin A dan B12.

Rusa Kutub

Susu rusa kutub biasanya dikonsumsi oleh masyarakat Norwegia dan Swedia. Susu ini justru dapat diminum langsung, diencerkan atau difermentasi. Kandungan laktosa di dalam susu ini rendah dan bersifat anti diare. Selain itu susu ini juga mengandung banyak protein, mineral dan omega 3 yang baik untuk kecerdasan otak dan kekebalan tubuh.

Tags:
0 shares
                            220 Views