Cara Tepat Hadapi Bos "Ngadat" - Wartawanita.com

Cara Tepat Hadapi Bos “Ngadat”

Cara Tepat Hadapi Bos "Ngadat" - Wartawanita.comWartawanita.com – Idealnya seorang atasan hendaknya dapat dijadikan contoh teladan untuk karyawannya. Problem akan muncul jika si bos mempunyai sikap yang  kurang berkenan alias tidak menyenangkan. Tapi jangan buru-buru putus asa ya, si bos tetap manusia kok. Hubungan baik dengan atasan harus tetap terjaga walaupun hati mangkel. Ada baiknya sebagai karyawan juga dapat mengetahui karakter atasannya agar dapat menyikapinya dengan tepat.

Bos Sok Berkuasa (Superior)

Tipe bos seperti ini memang harus dihadapi dengan sabar karena dia akan senang memamerkan ‘kekuasaannya’. Siap-siap dengan tipe bos seperi ini karena dia akan sangat merepotkan dengan hal-hal sepele, seperti akan sering mengirim pesan singkat atau telepon sekadar menanyakan jadwal rapat dan sebagainya. Bos seperti ini akan berlindung di balik status ‘bos’ nya untuk dapat mensyahkan diri dalam melakukan apa saja terhadap bawahannya dan merasa sudah bekerja secara profesional dan merasa semua sudah terkendali di bawah perintahnya.

Menghadapi atasan seperti ini adalah dengan menunjukan bahwa sebagai bawahan tidak pernah melanggar aturan kedisiplinan dan langsung kembali melakukan aktifitas pekerjaan setelah jam makan siang dan berikan laporan pekerjaan sebelum diminta. Bos seperti ini ingin Anda memperlihatkan rasa hormat dan diperlakukan bagai raja. Jika sudah begitu, pasti tidak akan ada masalah di dalam pekerjaan.

Bos Tukang Perintah (Otoriter)

Ciri khas tipe bos seperti ini adalah suka memerintah seenaknya tanpa peduli apakah karyawannya sedang melakukan tugas lain. Bisa juga bos ini akan memberikan perintah yang terkadang kurang masuk akal tapi tidak bisa dibantah. Hadapilah bos seperti ini dengan memberikan ide-ide yang cemerlang sehingga dia juga berpikir bahwa ide tersebut juga dapat menguntungkannya. Tapi jika karyawan dengan tipikal tidak bisa diperlakukan semena-mena, maka sebaiknya menahan diri untuk tidak mengeluarkan kritikan karena bos seperti ini akan anti kritikan.

Bos Sempurna (Perfeksionis)

Mempunyai bos seperti ini memang akan menyebalkan karena semua pekerjaan yang dilakukan akan dianggap tidak sempurna. Bos ini cenderung akan mendikte cara kerja karyawannya karena ingin semuanya sempurna dan menganggap karyawannya adalah orang yang tidak tahu apa-apa sehingga harus selalu diberi arahan bahkan untuk masalah sepele sekalipun.

Menghadapi atasan seperti ini haruslah dengan menunjukan bahwa pekerjaan sudah diselesaikan dengan baik. Jika dirasakannya tetap kurang berilah alasan kuat mengapa pekerjaan itu dilakukan dan pelajari standar pekerjaan sehingga selanjutnya dapat mencapai hasil seperti yang bos inginkan.

Bos Gila Kerja (Workaholic)

Tipe bos seperti ini memang sepertinya tidak memiliki kehidupan lain diluar kantor dan urusan pekerjaan. Waktu bos seperti ini akan dihabiskan dengan urusan kantor walau sudah lewat jam kantor. Bahayanya, kebiasaannya ini akan dibuat standart kepada karyawannya juga. Hadapi bos seperti ini dengan cara berani mengutarakan keberatan jika diharuskan mengikuti sistem kerjanya yang sudah menyalahi ketentuan. Jangan lupa untuk memberikan alasan yang masuk akal tentunya.

Bos Tidak Banyak Omong (Pendiam)

Sifat atasan seperti ini ada enak dan tidak ya. Enaknya karena punya atasan yang nggak cerewet dengan hasil pekerjaan. Tidak enaknya adalah tidak jelasnya kualitas pekerjaan apakah sesuai atau tidak. Bos seperti ini tidak bisa memotivasi karyawannya karena cenderung datar-datar saja. Sebaiknya atasan seperti ini hadapi dengan aktif bertanya tentang hasil pekerjaan yang sedang dilaksanakan. Ajak atasan untuk selalu berdiskusi tentang target-target yang akan dicapai.

Bos dengan Pengaruh Positif

Inilah atasan yang sempurna ! Semua urusan dapat diselesaikan dengan baik dan dalam mengatur karyawanpun bisa secara profesional. Masing-masing pihak akan senang tapi atasan seperti ini mempunyai kelemahan juga yaitu secara tidak langsung juga menuntut karyawannya untuk bersikap sama seperti dia. Tetap ingat ya tipe atasan seperti ini selalu mengejar kedudukan yang lebih tinggi lagi dan jika dilihat karyawanya ada yang mengancam kedudukannya maka siap-siap menjadi tersingkir.

Mulai sekarang tidak perlu takut dan ragu lagi menghadapi atasan dengan perilaku yang aneh-aneh.

Kode Unik: W#psikologi66

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            153 Views