teluk-kiluan

Teluk Kiluan selain Indah, Juga sebagai Observasi Lumba-lumba

Jika berbicara tentang Lampung dan lumba-lumba, keduanya akan membawa kita ke satu tempat, Teluk Kiluan. Reputasinya sebagai tujuan observasi lumba-lumba di alam lepas telah menyebar dari mulut ke mulut di kalangan turis mancanegara. Kiluan pun kini menjadi salah satu tujuan wisata populer di kalangan backpacker. Keberadaan objek wisata dengan rute yang cukup ekstrim ini pun mengundang rasa penasaran para pemburu eksotisme alam yang mencari pengalaman wisata yang berbeda.

Wisata alam Pulau/Teluk Kiluan terletak di Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung cocok bagi wisatawan yang gemar berpetualang. Topografinya yang berbukit dan berlembah menarik untuk dijelajahi.

Salah satu keistimewaan Teluk Kiluan adalah atraksi lumba-lumba di laut lepas. Di Teluk Kiluan ada dua jenis lumba-lumba :

  • Spesies pertama adalah lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris) dengan tubuh lebih kecil dan senang melompat.
  • Spesies kedua adalah lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncatus) dengan badan lebih besar, berwarna abu-abu, dan pemalu.

Kedua jenis lumba-lumba itu cukup akrab dengan manusia.

Eksotisme yang dimiliki Pulau Kiluan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk singgah di pulau ini. Pantai Pulau Kiluan yang berpasir putih masih sangat asri dan terjaga. Selain itu, keindahan bawah laut di balik terumbu karang membuatnya layak menjadi tujuan aktivitas snorkeling.

Di pulau kiluan kita juga bisa berenang atau berendam di laguna, letak dari laguna ini berada tepat di belakang bukit Teluk Kiluan. Air di dalam laguna tersebut sangatlah jernih dan bersih dengan warna biru kehijauan. Pesan, Karena laguna kiluan hanya berbatas tebing karang, kita juga harus hati-hati dan waspada dengan datangnya ombak besar yang bisa menyeret tubuh ke lautan lepas.

Jika kita ingin berkunjung ke Pulau Kiluan dari jakarta, TransportasiTransportasi umum dari Jakarta menuju Teluk Kiluan :

  • Bus Kalideres – Pelabuhan Merak sekitar 2 jam.
  • Kapal Ferry penyebarangan Merak – Bakauheni sekitar 2 – 3 jam.
  • Bakauheni – Bandar Lampung sekitar 2 jam.

  • Travel Bandar Lampung (kali balok) – Kiluan sekitar 3-4 jam.

  • Penyebrangan (kapal jukung kecil) dari Teluk Kiluan menuju Pulau Kiluan, sekitar 15 menit.

  • Jukung untuk ’berburu’ Lumba-lumba kapal nelayan , lama seluruh perburuan sekitar 2-3 jam.

    Lumba-lumba di Teluk Kiluan
    Lumba-lumba di Teluk Kiluan

    Penulis    :  Erison

    Editor       :  Bagoes Mashudi

0 shares
                            287 Views