hipertensi

TEKANAN DARAH TINGGI

MOTIVASInews.com – Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah pada dinding arteri terjadi peningkatan. Hal ini menyebabkan organ jantung harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh. Tekanan darah pada manusia dikatakan tinggi jika melebihi 140/90, karena tekanan darah normal pada manusia 90/60 dan 140/90. Akan tetapi jika menunjukkan angka dibawah 90/60 berarti memiliki tekanan darah yang rendah.

JENIS-JENIS HIPERTENSI

Hipertensi dibagi menjadi dua tipe, yaitu :

  • Hipertensi primer

    Hipertensi primer adalah tipe hipertensi yang paling umum dan penyebabnya belum jelas. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya hipertensi jenis ini antara lain ; riwayat keluarga / keturunan yang mengidap hipertensi, kebiasaan merokok, memiliki berat badan berlebih atau obesitas, mengonsumsi minuman keras secara berlebihan, mengalami stress, terlalu sering mengonsumsi makan dengan kadar garam tinggi, serta jarang berolahraga.

  • Hipertenis sekunder

    Hipertensi sekunder adalah tipe yang disebabkan oleh kondisi dan hal-hal tertentu, penyakit lain serta obat-obatan seperti memiliki penyakit ginjal, mengidap diabetes, obat-obatan seperti pil KB, penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke ginjal dan gangguang hormon tiroid.

GEJALA-GEJALA HIPERTENSI

Hipertensi kadang tidak memiliki gejala yang jelas, akan tetapi ada baiknya jika memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui tekanan darah kita. Namun dalam kasus hipertensi yang parah bisa menyebabkan gejala seperti sakit kepala, sesak nafas, penglihatan buram dan mimisan.

DIAGNOSIS HIPERTENSI

Cara mengetahui tekanan darah adalah dengan menggunakan alat sfigmomanometer. Selain mengukur tekanan darah, tes darah dan urine dianjurkan guna memeriksa adanya kondisi atau penyakit tertentu yang menyebabkan peningkatan pada tekanan darah.

PENGOBATAN HIPERTENSI

Pengobatan hipertensi dapat menggunakan obat-obatan anti hipertensi. Obat-obatan untuk mengontrol hipertensi seperti diuretik, beta-blocker, vasodilator, inhibitor, dan alfa-blocker. Selama masa pengobatan hipertensi, kita juga harus rutin memeriksakan tekanan darah.

PENCEGAHAN HIPERTENSI

Pencegahan hipertensi dapat dilakukan dengan membiasakan pola hidup sehat seperti :

  • Konsumsi makanan sehat yang rendah kalori dan lemak.

  • Menjaga agar berat badan tetap ideal dan rutin berolahraga.

  • Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan serat.

  • Berhenti merokok dan kurangi konsumsi alkohol.

  • Kurangi minuman yang mengandung kafein dan minuman berenergi.

Tags:
0 shares
                            163 Views