Tanpa Disadari Wanita Lakukan 5 Kesalahan Ini Saat Mencuci Botol Susu - Wartawanita.com

Tanpa Disadari Wanita Lakukan 5 Kesalahan Ini Saat Mencuci Botol Susu !

Wartawanita.com – Pada bayi yang mengomsumsi susu formula dari botol atau dot, wajib ibunya untuk memperhatikan kebersihan serta higienitas botol susunya. Bayi masih sangat rentan terhadap penyakit yang diakibatkan masih kurangnya pemahaman orangtuanya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar bayi. Salah satu yang terpenting untuk diperhatikan kebersihannya adalah botol susu bayi. Ada hal-hal yang terabaikan saat mencuci botol susu, yaitu :

Menganggap Remeh Cuci Tangan

Tanpa Disadari Wanita Lakukan 5 Kesalahan Ini Saat Mencuci Botol Susu - Wartawanita.com

Meskipun botol susu memang dalam kondisi kotor, bukan berarti boleh memegangnya dengan tangan kotor ! Tangan yang kotor justru dapat menyebarkan bibit penyakit. Kuman yang melekat pada tangan dapat dengan mudah berpindah ke botol susu bayi dan membuat bayi menjadi sakit.  Jadi, pastikan cucilah tangan terlebih dahulu sebelum mencuci botol susu bayi !

Hanya Menggunakan Air Dalam Tampungan

Ternyata belum semua orang memahami pentingnya menggunakan air mengalir untuk mencuci botol bayi. Oleh karenanya sering kejadian adalah hanya merendam botol didalam air. Pahamilah bahwa cara ini tidak dapat membersihkan kuman dan bakteri yang menempel pada botol susu? Jadi, pastikan gunakan air mengalir yang mengalir !

Hanya Membersihkan di Bagian Tertentu Saja

Tanpa Disadari Wanita Lakukan 5 Kesalahan Ini Saat Mencuci Botol Susu - Wartawanita.com

Sebagian ibu mungkin merasa tidak terlalu penting untuk mencuci botol secara keseluruhan. Sehingga banyak kejadian hanya bagian dalamnya saja yang dicuci sedang bagian luarnya terabaikan, misalkan leher pengencang dot dan gelang dot. Padahal ternyata di tempat itulah banyak kotoran dan kuman menempel. Jadi pastikan untuk membuka semua elemen botol dan bersihkan satu persatu agar steril !

Hanya Mempercayai Dengan Merendam dengan Air Panas

Tanpa Disadari Wanita Lakukan 5 Kesalahan Ini Saat Mencuci Botol Susu - Wartawanita.com

Jangan pernah menjadikan patokan kebersihan dan steril botol susu bayi hanya dengan merendamnya di dalam air panas. Menghilangkan kuman pada botol susu bayi tidak cukup hanya dengan merendamnya dalam air panas.  Walau sudah direndam air panas tapi bisa saja ada kuman dan bakteri yang masih mengendap dalam botol susu. Jadi pastikan untuk tetap mencuci kembali botol dengan air mengalir !

Membiarkan Botol Kering Sendiri

Setelah botol di cuci, biasanya langkah selanjutnya adalah membuat sterilisasi botol, msialnya dengan merebus air panas. Jangan dibiarkan botol susu berlama-lama dalam rendaman hingga air menjadi dingin. Segera tiriskan botol dan lap hingga kering agar bakteri tidak melekat kembali pada botol susu. Setelah itu simpan ke dalam wadah tertutup yang bersih !

Jangan salah lagi ya mencuci botol susu bayi.

Tags:
0 shares
                            152 Views