Strategi Pemerintah Mengatasi Ancaman Bahaya Merokok - Wartawanita.com

Strategi Pemerintah Mengatasi Ancaman Bahaya Merokok

Wartawanita.com – Dilansir dari Deputi The Union Regional Asia Pasifik Tara Singh Bam menegaskan, bahwa tembakau atau rokok adalah salah satu pembunuh nomor satu di dunia sehingga diperlukan intervensi untuk mencegah anak dibawah umur dan muda mulai merokok serta membantu para perokok untuk berhenti merokok.

“Tembakau telah membunuh lebih dari 800 juta laki-laki dewasa di seluruh dunia. Setiap tahun, lima juta orang di seluruh dunia, termasuk 200.000 orang dari Indonesia mati karena rokok,” katanya.

Tara mengatakan, Indonesia saat ini tidak memiliki regulasi yang kuat dalam pengendalian tembakau sehingga menjadi sasaran yang bagus bagi pemasaran industri tembakau.

“Saat ini sudah ada 180 negara yang menjadi bagian dari pihak FCTC. Mereka bersama-sama melawan dampak negatif tembakau. Bila Indonesia ingin mengendalikan tembakau, kalian tidak sendirian,” jelasnya.

Untuk mengendalikan tembakau, Tara mengatakan terdapat strategi kunci, yaitu MPOWER yang merupakan singkatan dari “monitor” atau memantau, “protect” atau melindungi, “offer” atau menawarkan, “warn” atau memperingatkan, “enforce” atau melaksanakan dan “raise” atau meningkatkan.

“Monitor” adalah memantau penggunaan tembakau dan kebijakan pencegahan penggunaan tembakau. “Protect” adalah melindungi masyarakat dari asap rokok.

“Offer” adalah menawarkan bantuan kepada perokok untuk berhenti merokok. “Warn” adalah memperingatkan masyarakat terhadap bahaya merokok.

“Enforce” adalah melaksanakan larangan iklan, promosi dan sponsorship produk tembakau dan “raises” adalah meningkatkan pajak dan cukai untuk tembakau.

STOP merokok sekarang juga, karena tidak ada keuntungan dari merokok.

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            119 Views