cowboyweb

Solusi Buat Anak yang Susah Makan

WartaWanita.com – Menyuapi anak yang susah makan merupakan persoalan yang sering dihadapi para ibu. Berikut ini adalah beberapa tips agar sang buah hati mau makan dan tercukupi nutrisnya.

Sabar

Perlu Anda ketahui, kebutuhan gizi anak berbeda dengan orang dewasa. Seorang anak seharusnya lebih banyak memperoleh asupan nilai gizi setiap harinya. Hal ini berkaitan dengan masa pertumbuhan anak akan mengalami susah makan yaitu; sekitar umur 1-5 tahun.

Padahal masa ini adalah masa-masa perkembangan produktif anak terutama pada tingkat kecerdasan si buah hati Anda. Anak kita butuh banyak nutrisi alami lainnya baik nabati maupun hewani. Untuk tenaga, manusia butuh karbohidrat yang bisa diperoleh dari nasi. Kekuatan tulang, butuh zat kalsium untuk pertumbuhan. Omega3 untuk meningkatkan kecerdasan si kecil, dan lain sebagainya.

Mengingat kebutuhan nutrisi setiap hari bagi anak itu penting, untuk itu, simak tips sederhana agar si kecil tetap bersemangat makan berikut:

 Variasi menu makan

Buat sesuatu makanan yang berbeda setiap harinya, karena biasanya si anak tidak menyukai sayuran. Berikan kombinasi buah-buahan yang disukai anak Anda dengan cara dibuat jus buah campur sayuran. Bumbui dengan sedikit sirup untuk memberi warna berbeda agar si anak tertarik.

wartawanita.com - Solusi Buat Anak yang Susah Makan
kode unik: W#tips88

Jadwal Makan yang Teratur

Buatlah jadwal antara makan dan bermain anak Anda. Sesuaikan jadwal dan ingatkan jangan sampai si kecil lupa jadwal makan. Ini termasuk mengajarkan mereka untuk disiplin tepat waktu. Waktu yang tepat adalah jam 5-9 pagi, jam 12 hingga jam 1 siang, dan sore hari / petang antara jam 5-7 malam.

Porsi yang Memadai

Anda bisa memberi porsi sedikit saja, agar tidak terkesan kebanyakan dari anggapan anak Anda. Jika terlalu banyak biasanya anak menjadi malas makan. Dikira-kira saja, yang penting harus dihabiskan. Gunanya untuk mengajarkan kebersihan dan tidak mubazdir.

Ketahui makanan kesukaanya

Rata-rata anak kecil menyukai makanan siap saji. Seperti; nugget, bakso, atau jajanan pasar tradisional. Dari pada membeli di warung yang belum tentu menyehatkan, ada baiknya bunda membuat sendiri. Lebih hemat biaya sekaligus bisa mengajarkan kreatifitas anak, sebab biasanya anak akan antusias membantu Anda membuat sesuatu bahkan mereka sangat senang.

Selalu Kreatif dan Inovatif

Si kecil biasanya menyukai karakter / tokoh dari film animasi. Manfaatkan peluang ini untuk membuat makanan lucu sesuai karakter yang dia sukai. Tidak harus mirip, yang penting cara penyampaian Anda kepada anak bahwa Anda membuat makanan sehat yang menggambarkan tokoh kesukaannya.

Tidak Memaksa Anak

Melakukan tindakan mengancam / memaksa anak untuk makan bisa berakibat trauma makan. Sehingga lain waktu ketika diberi makan lagi pasti si anak malas. Karena otak anak akan mengingat kejadian tidak menarik atau ketakutan karena Anda memarahi dan membentak. Ingat…! ada kurang lebih 9 juta sel dalam tubuh anak kecil hilang ketika Anda membentak mereka.

Fokus pada manu makanan yang diberikan

Ditengah-tengah makan, anak akan merasa sedikit bosan. Beri jeda dengan memberi air putih saja bukan susu atau minuman lain. Sebab susu memberi efek mudah kenyang, dan minuman lain seperti; teh manis membuat anak malas lagi untuk makan. Terlanjur enak rasa manis dari minuman tersebut.

Tags:
0 shares
                            144 Views