Muka Dua

Sinyal Musuh Dalam Selimut

Sinyal Musuh Dalam Selimut - Wartawanita.comWartawanita.com – Ada pepatah yang mengatakan bahwa sahabat terbaik adalah yang selalu ada disamping kita, baik dalam suka mapun duka. Rasa keinginan persahabatan haruslah datang dari kedua belah pihak dan ingin selalu berbagi dalam suka dan duka. Tapi bagaimana jika keinginan bersahabat hanya datang dari pihak kita dan ‘teman’ tersebut justru merasa senang saat melihat diri kita sedang terpuruk.

Teman seperti ini memang sebaiknya tidak cocok untuk dijadikan ‘best friend’. Agar tidak terjebak dengan situasi seperti ini ada beberapa sinyal yang harus diperhatikan, seperti :

Siapa Paling Sering Ingin Berkomunikasi

Salah satu sinyal yang terpenting dalam sebuah hubungan persahabatan adalah siapakah yang selalu mulai untuk menghubungi. Mulailah mengevaluasi persahabatan jika pihak kitalah yang selalu memulai untuk menghubungi tanpa ada imbal balik dari pihak sebaliknya. Ini sudah merupakan sinyal bahwa sebaiknya tidak menjadikannya sahabat selamanya.

(Baca juga: Tips Hidup Sehat dan Bahagia Michelle Obama)

Apakah Memberi Dukungan Terhadap Impian Kita

Sahabat yang baik adalah sahabat yang selalu memberi dukungan terhadap impian kita. Bukan hanya mengkritik terhadap apa yang menjadi impian. Kritikan terhadap impian bisa diartikan sebagai rasa cemburu terhadap harapan-harapan dan sahabat seperti ini justru akan membuat diri kita menjadi terpuruk dan merasa tidak mampu melakukan apa-apa. Jadi sebaiknya segera jauhi orang seperti ini.

Tidak Ada Empati dan Selalu Membebani

Teman bagaikan musuh dalam selimut ini akan tidak ada waktu untuk diajak bertemu dan akan terus ‘menjegal’ rencana-rencana yang sudah dibuat. Untuk teman seperti ini sebaiknya tidak usah berlama-lama menjalin pertemanan. Masih banyak teman-teman lain yang berkualitas yang masih bersedia untuk dijadikan sahabat.

(Baca juga: Pecandu MedSos Rata-Rata Kesepian)

Mencari musuh akan lebih gampang ketimbang mencari teman. Dalam mencari teman hendaknya juga dapat berhati-hati dan mawas diri. Masih banyak teman yang lebih berkualitas yang selalu ingin mempunyai sahabat sejati.

Kode Unik: W#psikologi64

Tags:
0 shares
                            509 Views