berantakan

Serbet Dapur Merupakan Salah Satu Tempat yang Paling Disukai Kuman

Wartawanita.com – Seberapa yakinkah bahwa area dapur di rumah sudah terbebas dari kuman dan bakteri yang merugikan kesehatan ? Area dapur yang terlihat kinclong ternyata belum tentu terbebas dari kuman dan bakteri yang merugikan kesehatan karena di tempat atau benda-benda yang terkesan bersih justru disanalah bakteri bebas bersarang. Salah satunya adalah di serbet dapur alias kain lap di dapur yang menjadi salah satu tempat favorit bakteri bersarang.

Selain di serbet, ini dia beberapa tempat di dapur yang harus selalu dijaga kebersihannya karena disanalah bakteri senang untuk berlama-lama, yaitu :

Serbet Dapur Merupakan Salah Satu Tempat yang Paling Disukai Kuman - Wartawanita.comSpons Cuci Piring

Spons merupakan tempat ideal bagi bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Teksturnya spon yang berongga dapat menyerap sabun dan kotoran sekaligus akan membuat spons menjadi sarang bakteri yang sempurna. Jangan pernah membiarkan spons bertahan selama berbulan-bulan. Rutinlah untuk selalu mengganti spons setiap bulan. Sebaiknya sebelum mengusap spons pada piring kotor atau perabotan pastikan permukaan perabotan yang akan dicuci sudah dibilas dengan air bersih terlebih dahulu. Bila piring kotor sudah dibilas terlebih maka spons tidak terlalu bekerja keras untuk menyerap kotoran yang terlalu banyak hinggap di atasnya. Selain itu pemakaian sabun juga dapat lebih hemat dan kotoran tidak berpindah-pindah dari satu piring ke piring lainnya.

BACA JUGA:  Kebaikan Jamur Panggang
Serbet Dapur Merupakan Salah Satu Tempat yang Paling Disukai Kuman - Wartawanita.comBedakan Penggunaan Talenan untuk Jenis Makanan Tertentu

Talenan alias papan pemotong sebaiknya dipisahkan untuk jenis makanan tertentu. Talenan yang digunakan untuk memotong daging sebaiknya dibedakan atau dipisahkan dengan yang untuk memotong sayuran atau bumbu masakan. Daging hewani, seperti ayam, sapi, dan ikan, cenderung akan menghasilkan bakteri yang lebih banyak dan talenan pun harus dicuci lebih bersih.

Oleh sebab itulah disarankan untuk memisahkannya dari bahan makanan nabati ataupun bumbu-bumbu, agar tidak bercampur satu sama lain. Talenan berbahan dasar plastik lebih aman digunakan daripada yang terbuat dari kayu, karena talenan plastik ini akan lebih mudah dibersihkan dengan total. Talenan kayu akan lebih sulit dibersihkan total, karena sifatnya yang menyerap sabun dan juga kotoran, sehingga kurang higienis apalagi jika umurnya  bertahun-tahun. Bayangkan sebuah talenan akan mengandung bakteri 3x lebih banyak dibandingkan dengan tempat duduk toilet ! Sebaiknya saat akan mencuci talenan gunakanlah sabun cuci piring yang dicampur air hangat.

Serbet Dapur Merupakan Salah Satu Tempat yang Paling Disukai Kuman - Wartawanita.comMenyegerakan Mencuci Piring dan Perabotan Setelah Digunakan

Sungguh dashyat kecepatan bakteri datang menghampiri piring yang kotor. Bercampurnya perabotan bekas makanan dengan air akan menjadi kelembaban yang sangat disukai oleh mikroba penyebab penyakit. Gunakanlah sabun pencuci piring cair agar mudah dibilas dan jika perlu mengandung disinfektan. Usahakan jangan biarkan piring kotor menumpuk lebih dari sehari.

BACA JUGA:  Kenali Penyebab Makan Berlebihan
Serbet Dapur Merupakan Salah Satu Tempat yang Paling Disukai Kuman - Wartawanita.comDapur Dibersihkan Secara Teratur

Sebaiknya jika selesai menggunakan ruangan dapur untuk memasak langsung dibersihkan. Gunakanlah disinfektan dan lap bersih untuk mengerjakannya agar kuman tidak bersarang di dapur.

Serbet Dapur Merupakan Salah Satu Tempat yang Paling Disukai Kuman - Wartawanita.comRutin Mengganti Serbet Dapur

Bayangkan ribuan bakteri dan kuman akan bersarang dalam serbet dapur yang lembab dan kotor. Rutinlah untuk mencuci lap dapur setelah menggunakannya. Jangan disimpan serbet dapur yang telah digunakan untuk membersihkan dapur, cucilah segera dihari yang sama karena jika ditunda akan menjadi sarang kuman !

Serbet Dapur Merupakan Salah Satu Tempat yang Paling Disukai Kuman - Wartawanita.comRutin Inspeksi dan Bersihkan Lemari Pendingin

Salah satu fungsi lemari pendingin adalah untuk mengawetkan makanan. Tapi jangan pernah lupa untuk mengecek temperatur suhunya karena suhu kulkas juga ideal untuk mengawetkan bakteri dan kuman yang ada pada bahan makanan yang kadaluarsa seperti daging, ikan, sayur, buah, dan sebagainya. Segera singkirkan bahan makanan yang sekiranya sudah berumur panjang dan tidak dapat diolah lagi.

Yuk, mulai sekarang mari inspeksi ke dapur !

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            52 Views