Tidak Disangka, Selain Menjadi Pusat Kebugaran, Ternyata 6 Area di Gym Ini Jadi Tempat Favorit Kuman - Wartawanita.com

Tidak Disangka, Selain Menjadi Pusat Kebugaran, Ternyata 6 Area di Gym Ini Jadi Tempat Favorit Kuman !

Wartawanita.com – Olah raga di gym alias pusat kebugaran sudah menjadi salah satu gaya hidup wanita. Biasanya wanita bekerja dikarenakan keterbatasan waktunya lebih memilih untuk melakukan olah raga di pusat kebugaran yang tidak jauh dari tempatnya bekerja.  Sebuah penelitian yang pernah dilakukan menemukan bahwa ternyata banyak jenis jamur dapat terangkat dan terbawa pulang dari tempat olah raga dan sebagian alat bahkan lebih kotor daripada toilet duduk umum !

Alat Angkat Beban

Tidak Disangka, Selain Menjadi Pusat Kebugaran, Ternyata 6 Area di Gym Ini Jadi Tempat Favorit Kuman - Wartawanita.comMerupakan sebuah resiko yang harus ditanggung para peserta di gym yaitu ternyata alat olahraga yang disentuh, terutama untuk peralatan angkat bebanbanyak bersarang kuman. Alat seperti barbel dan angkat beban dapat menjadi pemicu terkena flu sampai infeksi gastrointestinal.

Peralatan Kardio

Tidak Disangka, Selain Menjadi Pusat Kebugaran, Ternyata 6 Area di Gym Ini Jadi Tempat Favorit Kuman - Wartawanita.com.comPegangan serta tombol pada alat treadmill, elliptical, dan mesin kardio lainnya dapat menjadi penyebab penyakit di tubuh manusia. Sebaiknya bersihkan terlebih dahulu tombol atau layar sentuh alat yang akan digunakan. Bahkan untuk mengelap keringat sebaiknya jangan menggunakan tangan secara langsung melainkan handuk.

Ruang Ganti

Tidak Disangka, Selain Menjadi Pusat Kebugaran, Ternyata 6 Area di Gym Ini Jadi Tempat Favorit Kuman - Wartawanita.com.comInfeksi yang dapat terjadi adalah yang disebabkan jamur yang tumbuh di lantai yang basah. Usahakan untuk selalu menggunakan alas kaki misalnya sandal saat akan membilas tubuh atau berganti pakaian. Jangan pernah lupa untuk mengeringkan kaki sebelum menggunakan sepatu atau sandal yang kering. Jika membawa sandal mandi dari rumah keringkan terlebih dulu sebelum memasukannya ke dalam tas.

Matras

Tidak Disangka, Selain Menjadi Pusat Kebugaran, Ternyata 6 Area di Gym Ini Jadi Tempat Favorit Kuman - Wartawanita.com.comMatras merupakan tempat paling disenangi kuman untuk tinggal. Kuman ini dapat menyebabkan terjadinya infeksi kulit seperti kurap. Ada baiknya tidak menggunakan matras yang tersedia di gym dan membawa sendiri sehingga dapat digunakan secara pribadi. Kalaupun menggunakan matras yang tersedia di gym, alaslah matras dengan handuk atau jenis kain lainnya selama nyaman dan bersih.

Handuk

Tidak Disangka, Selain Menjadi Pusat Kebugaran, Ternyata 6 Area di Gym Ini Jadi Tempat Favorit Kuman - Wartawanita.com.comHanduk sebetulnya merupakan barang yang sebaiknya tidak dipinjam-pinjamkan. Usahakan jangan gunakan handuk di gym karena tidak tahu pasti bagaimana cara mencucinya. Ingat, MRSA – methicillin resistant staphylococcus aureus yang biasa tersembunyi pada handuk dapat menyebabkan infeksi kulit yang sulit untuk diobati. Selain itu, untuk menghindari MRSA, balutlah luka atau goresan yang ada di tubuh.

Wastafel

Tidak Disangka, Selain Menjadi Pusat Kebugaran, Ternyata 6 Area di Gym Ini Jadi Tempat Favorit Kuman - Wartawanita.com.comDaerah basah merupakan area yang paling cepat terkontaminasi oleh kuman. Oleh karenanya berhati-hatilah saat menggunakan wastafel. Jangan pernah membasuh mulut dengan tangan yang sebelumnya digunakan untuk menyentuh wastafel !

Tas Olahraga

Tidak Disangka, Selain Menjadi Pusat Kebugaran, Ternyata 6 Area di Gym Ini Jadi Tempat Favorit Kuman - Wartawanita.com.comTernyata patogen paling banyak adalah yang terdapat pada pakaian yang digunakan untuk latihan. Biasakan untuk membungkus pakaian kotor bekas latihan dengan kantong plastik lalu segera mencuci pakaian tersebut dengan suhu tinggi agar bakteri dan kuman yang ada dapat benar-benar mati. Rutinlah untuk mencuci tas olahraga karena kuman akan nyaman bersarang disana.

Jadi jika pergi ke tempat yang dapat menyehatkan harus dengan benar ya.

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            306 Views