4108825b-b565-4371-b3e0-53bc4391911d_169

Sehari Jadi ‘Bangsawan’ di Jantung Jakarta

Bagi warga yang tinggal di kota sibuk seperti Jakarta, mencari ketenangan terbilang mahal. Alasannya, tenang identik dengan suasana yang sepi dan jauh dari keramaian. Sedangkan kota seluas 661 kilometer persegi ini terbilang sudah sesak dipenuhi gedung bertingkat ataupun permukiman.

Pergi ke kota-kota terdekat seperti Bogor atau Bandung akhirnya menjadi pilihan cepat terdekat untuk menenangkan diri. Padahal di antara gedung-gedung atau pusat permukiman Ibu Kota terdapat tempat yang dapat memberi kedamaian sejenak.

Seperti yang diberikan oleh hotel Keraton at The Plaza yang berada di jantung kota Jakarta. Meski berdiri di dalam kompleks perkantoran dan pusat perbelanjaan serta berdekatang dengan permukiman warga Tanah Abang, hotel ini mampu menawarkan pengalaman relaksasi yang maksimal.

Tak sembarang menggunakan nama ‘keraton’, hotel dengan 140 kamar ini memang dapat membuat tamu serasa menginap di tempat kediaman ratu dan raja. Bukan cuma suasana yang tenang, tidak riuh seperti kebanyakan hotel besar, namun Keraton at The Plaza juga membawa nuansa khas Indonesia ke dalam kamar.

Mengambil konsep istana Jawa, Keraton at The Plaza melekatkan ornamen-ornamen Jawa pada interiornya. Mulai dari bagian lobi hingga kamar, terdapat simbol-simbol yang khas dengan Indonesia.

Seperti sebuah dinding dari tembaga berulir di bagian lobi yang menggunakan motif batik kawung. Agaknya bukan hanya karena ingin membawa nuansa Jawa ke dalam hotel, namun filosofi batik kawung itu sendiri yang juga ingin diterapkan oleh Hotel Keraton at The Plaza.

Pada beberapa buku sejarah, motif batik kawung disebut-sebut sebagai motif yang digunakan para keluarga bangsawan atau pejabat keraton Jawa. Motif batik ini juga banyak dianggap sebagai simbol persatuan.

Selain menggunakan desain interior batik kawung, ada juga empat pajangan di area lobi yang merupakan simbol mata angin, persis seperti benteng-benteng yang bertugas menjaga kerajaan di Jawa.

Masuk ke dalam kamar-kamar di Keraton at The Plaza, tamu akan kembali menemukan simbol-simbol khas Indonesia lainnya. Seperti yang ditunjukan lewat kain ataupun ornamen dinding di atas kasur.

Executive Room di Lantai 8 Hotel Keraton at The Plaza diberikan sentuhan Jawa dengan kain dan ornamen di atas kasur. (CNN Indonesia/Megiza)

Tiga tipe kamar yaitu Grand Deluxe, Executive Room hingga Keraton Suites menampilkan ornamen khas Indonesia yang berbeda-beda.

Hal itu dikarenakan Keraton at The Plaza tak hanya memperkenalkan simbol yang identik dengan Jawa, namun corak atau simbol dari tiga pulau besar lain di Indonesia yaitu Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi.

Berbeda seperti kamar-kamar di hotel berbintang lima pada umumnya, filosofi istana bangsawan yang dibawa Keraton at The Plaza juga dapat dirasakan dengan ukuran kamar yang lebih besar dibanding hotel lainnya.

Jika hotel lain menawarkan kamar terbaik mereka dengan ukuran 50 meter persegi, maka hotel yang mendapat penghargaan sebagai The Best New Hotel, Hot List, dari Condé Nast Traveler pada 2013 lalu ini mempunyai kamar terbaik dengan luas lebih dari 100 meter persegi.

“Saya yakin setiap kamar kami dapat disebut sebagai suites karena ukurannya. Kamar terkecil kami saja seluas 60 meter persegi. Dan ketika Anda masuk ke dalam Keraton Suites, Anda akan merasakan kamar hotel yang sangat berbeda karena luasnya yang mencapai 140 meter persegi,” ujar General Manager Keraton at The Plaza, Stephan Sieberg, kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

General Manager Keraton at The Plaza, Stephan Sieberg. General Manager Keraton at The Plaza, Stephan Sieberg, memastikan semua tamunya akan mendapatkan layanan VIP. (CNN Indonesia/Megiza)

Hotel Keraton at The Plaza sendiri memiliki 140 kamar yang tersebar hingga lantai 22. Sedangkan pada lantai 23 hingga lantai teratas yaitu 52, merupakan kediaman pribadi para kaum jet set negara ini.

Bicara tentang pelayanan di dalam kamar, hotel yang mendapatkan Certificate of Excellence 2014 dan 2015 dari TripAdvisor ini juga terbilang super eksklusif. Tiap kamar disediakan ruang tamu dan meja kerja yang nyaman.

Tidak sampai di situ, home theater dengan sistem audio dari brand asal Amerika Serikat, Bose, juga bakal mencengangkan tamu Keraton at The Plaza. Dengan dinding kamar yang solid, tamu dapat memasang lagu atau menonton film dengan dvd player yang sudah tersedia tanpa takut mengganggu tamu di kamar sebelah.

Ada juga personal butler atau pelayan pribadi yang dapat dihubungi 24 jam oleh tamu. Tidak perlu lagi menghubungi bagian layanan servis hotel, tamu dapat mengontak langsung pelayan pribadi melalui aplikasi pesan WhatsApp.

Di luar kamar ada pula fasilitas lain yang dapat memaksimalkan waktu untuk memanjakan tubuh. Sebuah kolam renang unik dan cantik yang berada di lantai tujuh bisa menjadi arena bersantai tamu.

Nyaman tak hanya diberikan di area tidur atau fasilitas di luar kamar, namun ruang pribadi seperti toilet dengan meja rias dari marmer juga memberi kenyamanan yang berbeda untuk tamu Hotel Keraton at The Plaza. (CNN Indonesia/Megiza)

Sieberg mengatakan, kolam renang Keraton at The Plaza sering digunakan untuk pemotretan model-model ternama. Hal itu dikarenakan desain kolam renang yang sangat unik karena setengah sisinya menggunakan kaca tebal bak aquarium.

Di samping arena renang, ada juga fasilitas gym yang dapat digunakan untuk tamu yang ingin tetap menjaga tubuh saat berlibur. Sedangkan untuk memuaskan perut, terdapat tiga tempat yang dapat dikunjungi tamu Keraton.

Keraton Lounge, tempat tamu dapat mencicipi teh atau koktail berada di lantai 1 atau di samping kiri lobi. Bengawan Restaurant, tempat untuk mengisi perut pada saat sarapan atau makan siang berada di lantai 7. Sedangkan restoran Lima|Five di lantai 5 dapat digunakan oleh penghuni Executive Room dan Keraton Suites untuk menikmati makan malam.

Pelayanan istimewa lainnya yang diberikan oleh Keraton at The Plaza adalah dengan waktu kedatangan dan kepulangan yang diberikan dengan lebih cepat serta lebih lama daripada hotel pada umumnya. Tamu yang sudah mereservasi dapat check-in sebelum pukul 12.00 siang, dan dapat meninggalkan hotel pada sore keesokan harinya.

Kolam renang indoor Hotel Keraton at The Plaza, Jakarta.Kolam renang indoor Hotel Keraton at The Plaza, Jakarta, sering dijadikan area fashion photoshoot
0 shares
                            123 Views