Sanksi Sosial Bagi Artis Pecandu Narkoba

Sanksi Sosial Bagi Artis Pecandu Narkoba

Wartawanita.com – Tertangkapnya Ridho Rhoma semakin menambah panjang peredaran Narkotika di kalangan artis. Daftar artis yang terlibat dalam narkoba dimulai oleh pelawak Doyok yang pada tahun 2000 yang divonis satu tahun penjara karena narkoba. Di tahun yang sama, pelawak Polo harus merasakan dinginnya lantai penjara setelah kedapatan memiliki 0,5 gram sabu-sabu pada tahun 2000. Empat tahun kemudian pelawak yang kini memiliki perawakan kurus itu kambali diciduk karena kasus serupa.

Pada tahun 2005, artis Jennifer Dunn terjerat kasus narkoba karena menggunakan sabu-sabu. Hukuman tampaknya tak membut ia jera. Jennifer tertangkap dengan kasus yang sama pada Oktober 2009. Ia akhirnya divonis hukuman empat tahun penjara dan denda sebesar Rp 150 juta, dengan subsider satu bulan kurungan.

Kemudian di tahun 2006, jagat hiburan dihebohkan dengan penangkapan artis senior Roy Marten karena menggunakan sabu. Tak butuh waktu lama bagi Roy menyentuh barang haram itu lagi. Ia kembali dibekuk ketika pesta sabu bersama teman-temannya di Apartemen Novotel, Surabaya pada 13 November 2007. Dua hari sebelum penangkapannya, Roy sempat menghadiri kampanye penanggulangan penggunaan narkoba di Gedung Graha Pena, Surabaya, Jawa Timur.

Di tahun yang sama, pesinetron Revaldo juga terjerat kasus narkoba. Dia dihukum dua tahun penjara karena terbukti memiliki sabu seberat satu gram, satu linting ganja, dan lima butir ekstasi.

Meski sudah pernah mendekam di penjara, artis yang terkenal lewat perannya sebagai Rangga di serial televisi ‘Ada Apa dengan Cinta?’ itu kembali terjerat dalam kasus narkoba di tahun 2010. Di kasus kedua, ia terbukti memiliki sabu seberat 62 gram dan satu paket ganja dan ditangkap di kawasan Jakarta Barat, 20 Juli 2010.

Usai Revaldo, penyanyi kawakan Fariz RM ditangkap pada tahun 2007 dan divonis 8 tahun penjara. Dia mendekam di penjara setelah tertangkap tangan pada 28 Oktober 2007 dengan barang bukti 1,5 linting ganja seberat 5 gram yang disimpan dalam bungkus rokok.

Menanggapi fenomena tersebut, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Budi Waseso, mengatakan perlunya tindakan khusus bagi kalangan artis yang terjerat narkoba.

Buwas sapaan akrab Budi Waseso mengatakan bahwa perlu dipertimbangkan soal hukuman sanksi sosial bagi para figur publik agar mendapat efek jera bagi para pelakunya.

“Ke depan, hukuman tidak hanya fisik, tapi sanksi sosial juga perlu. Seperti dengan punya kewajiban membersihkan pasar, membersihkan terminal, itu diterapkan biar jera karena merasa dipermalukan,” kata Budi Waseso .

Budi lalu menandaskan bahwa tidak menutup kemungkinan adanya jaringan narkoba dikalangan aktris yang salah satunya menyeret, Ridho Rhoma.

“Sudah ada jaringan Ridho yang diikuti dan terus dikembangakan, dan tentunya tidak hanya jaringan Ridho tapi ada juga potensi jaringan  lain,” jelas Budi Waseso.

Kode unik: W#headline19

Kode unik: Info KLIK aja di sini

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            170 Views