Sambung Nyawa Penyambung Nyawa - Wartawanita.com

Sambung Nyawa Penyambung Nyawa

Wartawanita.com –  Tanaman berwarna hijau muda ini terkenal sebagai tanaman yang bandel. Bandel karena tanaman ini bisa ditanam dimana saja tanpa harus ada perawatan yang spesial. Di Indonesia tanaman dengan nama latin Gynura procumbens biasa dikenal dengan sebutan daun dewa atau beluntas cina atau sambung nyawa. Biasanya tanaman ini dijadikan sebagai pengobatan alternatif disaat ada anggota keluarga yang sakit.

Pada tanaman sambung nyawa ini biasanya yang banyak dimanfaatkan adalah bagian daunnya yang dapat diolah menjadi obat tradisional. Sejak jaman dahulu tanaman ini memang banyak dimanfaatkan karena kaya akan minyak asiri, saponin, dan flavonoida. Istimewanya tanaman ini mempunyai sifat dingin, netral, antitoksik, hipotensif (menurunkan tekanan darah), antikanker dan antiradang.

Dengan memanfaatkan daun sambung nyawa ini dapat meminimalkan dan mengobati beberapa penyakit, seperti :

Meredakan Bisul

Ambilah beberapa helai daun sambung nyawa (+/- 8 gram), cuci bersih dan tumbuk hingga halus. Segera tempelkan pada bisul dan agar tumbukan tidak jatuh sebaiknya dibalut dengan menggunakan perban.

Menurunkan Hipertensi – Radang Tenggorokan – Sinusitis

Redakan gangguan penyakit ini dengan mengambil 7 helai daun sambung nyawa, cuci bersih dan makanlah mentah sebagai lalapan. Bagi anak-anak yang tidak menyukai lalap bisa disiasati dengan menumis atau mengkukusnya. Komsumsi daun ini sekali sehari.

Mencegah Tumor, Ambeien, Lever dan Kencing Manis

Komsumsi setiap hari 3 lembar daun sambung nyawa dengan cara dimakan mentah atau dijadikan juice.

Menurunkan Kolesterol Tinggi

Cuci bersih 7 lembar daun sambung nyawa dan komsumsi sebagai lalap setiap hari.

Meringankan Maag

Komsumsilah 3 kali sehari tiga lembar daun sambung nyawa secara teratur sebelum atau sesudah makan.

Mengatasi Gigitan Serangga atau Ulat

Ambilah selembar daun sambung nyawa dan gosokan hingga daun hancur dan mengeluarkan cairan pada bagian tubuh yang terkena serangga. Ulang kembali setelah 2 jam. Alternatif lain adalah tumbuk hingga halus akar, daun sambung nyawa dan kunyit. Tempelkan pada luka dan balut dengan perban.

Menjaga Ginjal

Minum secara teratur sekali sehari ramuan 7 hingga duabelas lembar daun sambung nyawa dan kice (buah goji yang tumbuh di Himalaya dan banyak dijual di toko obat Cina) sekitar 6 – 15 gram dengan 3 gelas air. Rebus hingga tersisa satu gelas, dinginkan dan saring. Segera minum.

Jadi silahkan mencoba pengobatan alternatif ini ya .

Kode unik: W#kesehatab40

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            207 Views