Rendang Tournedos Salah Satu Lauk dalam Gala Dinner di Swedia - Wartawanita.com

Rendang Tournedos Salah Satu Lauk dalam Gala Dinner di Swedia

Rendang Tournedos Salah Satu Lauk dalam Gala Dinner di Swedia - Wartawanita.comWartawanita.com – Salah satu masakan khas dari Sumatera Barat ternyata dapat masuk ke dalam menu hidangan di KBRI di Stockholm. Gala Dinner atau jamuan makan malam kali ini adalah sajian nasi kuning dilengkapi dengan rendang Tournedous sebagai main course (makanan utama) dan hiburan musik.

Gala Dinner dengan sajian masakan Indonesia ini  dihadiri pengusaha, tokoh masyarakat dan kritikus kebudayaan berlangsung di Wisma Duta, di Liding, Stockholm, Swedia. Mengawali acara jamuan makan malam, Dubes Bagas Hapsoro menyampaikan sambutan selamat datang kepada undangan sahabat Indonesia.

Bagas mengatakan bahwa salah satu cara merealisasikan kerjasama antar bangsa adalah menampilkan kombinasi antara kesenian, makanan dan pertunjukan serta pameran. Selanjutnya Bagas mengharapkan hadirin tidak saja datang sebagai turis tetapi juga investor untuk menanamkan usahanya di Indonesia.

Sementara itu Kepala Protokol Kemlu Swedia, Dubes Klas Molin menyampaikan dukungannya atas inisiatif KBRI di Stockholm yang menggalakkan awareness tentang Indonesia ini. Bulan Mei lalu Raja Swedia Carl Gustaf XVI dan isterinya Ratu Silvia mengunjungi Wisma ini kemudian tiga minggu berikutnya ke Indonesia.

Kunjungan kenegaraan Raja Carl XVI Gustaf ke Indonesia merupakan momentum untuk meningkatkan kerjasama bilateral di bidang ekonomi, pendidikan dan riset, energi, lingkungan, dan pertahanan. Sedangkan pakar kuliner William Wongso memberikan penjelasan mengenai menu masakan yang disiapkannya. Beberapa masakan tradisional Indonesia yang kaya akan rasa akan dibuatnya dibantu asistennya yaitu Herman Ade dan Shanti Serat.

William Wongso akan menyajikan tiga macam hidangan dan sebagai minuman selamat datang berupa Kunyit Asam dengan Vodka atau Tequila (Rim pakai garam cabai kering).  Makanan kecil (canape) yang terdiri dari Bakwan Jagung Cumi dan Sumpia Udang, lalu untuk hidangan pembuka (apatizer) disajikan aneka makanan Ratna Mutu Manikam, yang terdiri dari Lawa, selada Banka, Sate Lilit Bali. Sebagai main course dihidangkan nasi kuning Tournedous.

Para undangan terlihat sangat antusias untuk mencoba dan memberikan pujian atas cita rasa yang tinggi dari hasil masakan William Wongso yang menyatakan variasi masakan Indonesia juga diperkaya oleh cita rasa masakan negara lain. Selain itu, disajikan pula makanan ringan seperti lapis legit, saus kopi alpukat dan jongkong. Teh dan kopi yang disajikan merupakan kopi dan teh asli Indonesia.

Sambil menikmati hidangan, para undangan dimanjakan dengan alunan musik dari Saung Mang Udjo yang menampilkan lagu Chiquitita, Kokoro notomo, Besame Mucho, Imagine dan Love.

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            135 Views