62370_81423_pendidikan-2-relaksasi

Relaksasi Mampu Redakan Nyeri

Luka bekas operasi Caesar kerap meninggalkan rasa nyeri. Berbagai pengobatan, mulai kimia hingga herbal, sudah tersedia.

Oktaviani De Rosari Deor berupaya melakukan penelitian untuk mencari pengobatan yang paling efektif. Mahasiswi Jurusan Keperawatan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) tersebut meneliti tentang teknik relaksasi.

Penelitian itu dipilih berdasar pengalaman pribadinya yang tidak suka minum obat-obatan. ’’Saya penasaran apa mungkin nyeri bisa diturunkan dengan relaksasi,’’ tuturnya Jumat (4/11).

Karena itu, perempuan asal Manggarai Flores, Nusa Tenggara Timur, yang biasa disapa Okta tersebut memperdalam teknik relaksasi untuk menyelesaikan skripsi.

Khususnya bagi para ibu yang baru saja menjalani operasi Caesar. Dia memulai pencarian terhadap teknik-teknik yang paling sesuai bagi pasien.

Pilihannya jatuh pada teknik relaksasi napas dalam dan genggam jari. Sebanyak 52 pasien pascaoperasi Caesar di Rumah Sakit Ibu dan Anak Lombok Dua Dua Surabaya dia libatkan pada 2–16 Mei lalu.

LADIES MUST READ

0 shares
                            98 Views