Rajin ke Gym Badan Sehat Tapi Kulit Justru Bisa Terjangkit 4 Penyakit Kulit Ini, Salah Satunya Ringworm - Wartawanita.com

Rajin ke Gym Badan Sehat Tapi Kulit Justru Bisa Terjangkit 4 Penyakit Kulit Ini, Salah Satunya Ringworm !

Wartawanita.com – Memang mempunyai life style rajin mengunjungi gym alias pusat kebugaran akan membuat sehat fisik dan mental. Tetapi waspadalah jika memang rutin melakukan kegiatan di sana karena justru disanalah tempat terjadinya pertukaran bakteri, virus dan jamur yang dapat menyebabkan beberapa masalah kulit ini, seperti :

Ringworm

Rajin ke Gym Badan Sehat Tapi Kulit Justru Bisa Terjangkit 4 Penyakit Kulit Ini, Salah Satunya Ringworm - Wartawanita.comRingworm  umumnya dikenal sebagai tinea yaitu sejenis jamur atau cacing yang hidup di lapisan kulit paling atas dan bulu. Bentuk ringworm ini seperti cincin kemerahan, tapi sebenarnya itu adalah sejenis cacing. Penyakit ini dapat menimbulkan rasa gatal dan ruam. Memang tidak ada lagi gejala ringworm yang dirasakan, tetapi menyerang di seluruh bagian tubuh. Paling sering terjadi adalah pada bagian torso, lengan atas dan paha. Infeksi ini lebih sering terjadi jika sedang memiliki luka terbuka di kulit.

Berhati-hatilah saat menggunakan alat di gym yang basah karena keringat. Jamur ringworm menyukai area yang lembap. Biasanya untuk mengobatinya penyakit ini dibutuhkan semacam salep atau krim dengan resep dokter spesialis dermatologist.

Staph

Rajin ke Gym Badan Sehat Tapi Kulit Justru Bisa Terjangkit 4 Penyakit Kulit Ini, Salah Satunya Ringworm - Wartawanita.comWalau jarang terjadi di di gym tetapi infeksi staph ini disebabkan bakteri staphylococcus dan berdampak sangat serius. Jika terinfeksi, maka kulit akan nampak bernanah atau adanya benjolan merah yang terasa panas, perih dan bengkak. Bahkan dapat mengalami demam dan perih jika infeksi semakin serius. Jika tidak segera diobati dapat mengalami MRSA yang masuk ke aliran darah yang mengancam jiwa ! Infeksi ini dapat terjadi jika memiliki luka terbuka, memakai handuk orang lain atau berlatih di matras yang kotor.

Folikulitis

Rajin ke Gym Badan Sehat Tapi Kulit Justru Bisa Terjangkit 4 Penyakit Kulit Ini, Salah Satunya Ringworm - Wartawanita.comFolikulitis merupakan peradangan yang terjadi pada folikel rambut alias lubang kecil tempat rambut tumbuh. Penyakit ini termasuk dalam jenis infeksi staph yang terjadi karena bakteri masuk ke folikel dan menyebabkan peradangan. Penykait ini akan membuat kulit mengalami bentol merah seperti jerawat dan nanah di bagian kulit yang berbulu seperti kaki. Rasanya bisa perih apalagi kalau bentol merah itu berukuran besar. Dalam ruang gym, bakteri folikulitis dapat hidup di tempat yang lembap atau alat olahraga yang basah karena keringat. Jika  penggunaan salep anti bakteri, sabun antibakteri dan pembersih dengan benzoyl peroxida tidak mempan untuk mengobati penyakit ini, segera hubungi dokter.

Mata Ikan

Rajin ke Gym Badan Sehat Tapi Kulit Justru Bisa Terjangkit 4 Penyakit Kulit Ini, Salah Satunya Ringworm - Wartawanita.comMata ikan ini terjadi karena virus HPV. Saat terkena mata ikan, kulit akan mengalami bintik-bintik menonjol kecil berwarna hitam atau hanya mengalami benjolan tunggal saja yang terasa lembap. Bintik atau benjolan itu terasa lembut dan biasanya terjadi di telapak kaki atau tangan. Virus mata ikan ada di tempat lembap. Berjalan dengan kaki telanjang di ruangan penyimpanan barang di gym dapat meningkatkan risiko terkena mata ikan.

Jadi nggak mau kan bermasalah dengan kulit gara-gara rajin ke gym.

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            115 Views