Punya Hobi "Gonta Ganti" Warna Rambut, Ini 5 Efek Negatifnya - Wartawanita.com

Punya Hobi “Gonta Ganti” Warna Rambut, Ini 5 Efek Negatifnya

Wartawanita.com – Banyak wanita mempunyai hobi mewarnai rambut. Hobi ini biasanya banyak diminati oleh usia remaja, baik wanita maupun pria. Salah satu alasan mengapa sering gonta ganti warna rambut adalah rasa bosan dan ingin bereksperimen dengan penampilannya. Memang tidak menyalahkan mempunyai hobi ini tetapi yang harus diwaspadai adalah efek negatif dari seringnya gonta ganti warna rambut untuk kesehatan, yaitu :

Menyebabkan Rambut Kering dan Bercabang

Punya Hobi "Gonta Ganti" Warna Rambut, Ini 5 Efek Negatifnya - Wartawanita.comPenggunaan zat kimia secara berlebihan di dalam pewarna rambut dapat merusak struktur kutikula rambut. Struktur kutikula rambut telah dirancang secara alami untuk menjadi penghalang bagi akar rambut dengan daerah di sekitarnya. Tanpa penghalang tersebut akar rambut tidak akan mampu melekat dengan kuat di kulit kepala sehingga imbasnya adalah akar rambut akan kekurangan nutrisi dan akhirnya menjadi kering lalu bercabang.

Menyebabkan Rambut Rontok

Punya Hobi "Gonta Ganti" Warna Rambut, Ini 5 Efek Negatifnya - Wartawanita.comGonta-ganti merek pewarna rambut untuk mendapatkan warna yang sesua sebaiknya dihindari. Agar rambut senantiasa sehat sebaiknya tidak menggunakan pewarna rambut yang belum memiliki izin edar dari BPOM. Waspadai kemungkinan adanya kandungan zat kimia yang berbahaya. Bukannya rambut menjadi indah justru rambut malah rontok dan terjadi iritasi di kulit kepala.

Menyebabkan Kulit Kepala Kering dan Berketombe

Punya Hobi "Gonta Ganti" Warna Rambut, Ini 5 Efek Negatifnya - Wartawanita.comKulit kepala menjadi kering dan berketombe setelah diwarnai merupakan pertanda adanya kandungan pewarna yang tidak cocok bagi kulit kepala. Tetapi jangan terburu menyalahkan produknya karena bisa saja teknik penggunaannya yang tidak tepat. Sebaiknya sebelum atau sesudah diwarnai, rambut dan kulit kepala harus selalu dalam keadaan bersih. Ikutilah panduan yang tertulis dalam kotak kemasan agar proses pewarnaan rambut dapat berhasil dan hasil yang diperoleh tidak mengecewakan.

Menyebabkan Rambut Memutih Serta Rusak

Punya Hobi "Gonta Ganti" Warna Rambut, Ini 5 Efek Negatifnya - Wartawanita.comJika rambut terlalu sering diwarnai maka suatu hari nati pasti akan rusak. Tanda rambut sudah mulai rusak karena penggunaan pewarna adalah munculnya rambut putih atau uban. Uban muncul bukan karena faktor usia melainkan karena pengaruh zat kimia yang ada di dalam obat pewarna rambut. Jadi sebaiknya gunakan pewarna rambut seperlunya saja dan jika memungkinkan, biarkan rambut beristirahat sejenak sebelum mengganti warna lainnya lagi.

Menyebabkan Infeksi Kulit Kepala

Punya Hobi "Gonta Ganti" Warna Rambut, Ini 5 Efek Negatifnya - Wartawanita.comZat kimia yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan pewarna rambut sangatlah keras. Jadi sebaiknya saat mewarnai rambut disarankan agar tidak sampai mengenai kulit kepala. Bagi beberapa orang dengan kulit kepala hipersensitif, terpapar cairan pewarna rambut dapat menyebabkan iritasi hingga infeksi jika tidak segera diobati.

Ingin tampil beda boleh saja asal ingat kesehatan.

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            90 Views