duduk-lama-640x320

Potensi Bencana Jika Sering Duduk Terlalu Lama

WartaWanita.com – Duduk terlalu lama tanpa banyak aktivitas akan membuat seseorang berisiko terserang banyak penyakit, mulia dari obesitas, diabetes hingga penyakit jantung bahkan kematian. Sebuah penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa duduk membuatmu menua 8 tahun lebih cepat.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa duduk terlalu lama bisa menimbulkan efek merugikan pada tubuh yang dilihat sebagai penuaan dini.

Aladdin Shadyab, ketua penelitian sekaligus doctor di University of California San Diego mengatakan bahwa duduk dalam jangka waktu lama mempengaruhi kromosom. Para peneliti mengambil sampel darah dari 1.500 wanita paruh baya dan menganalisis telomere dalam sel mereka.

Peneliti melihat bahwa telomere tersebut pendek-pendek, dibandingkan wanita yang rajin olahraga. Telomere pendek menunjukkan seberapa tua sel tersebut, lebih panjang telomere, semakin baik kesehatan orang tersebut. Olahraga membuat telomere seseorang lebih panjang sehingga sesuai umur atau bahkan membuat orang tersebut awet muda.

Semakin lama waktu duduk seseorang, sekitar 10 jam atau lebih, semakin pendek telomere di dalam sel dibanding yang melakukan aktivitas fisik lebih aktif. Dalam penelitian tersebut, dikatakan bahwa penuaan bisa bertambah hingga 8 tahun karena kurangnya aktivitas fisik.

UIpayakan minimal satu kali dalam satu jam untuk berjalan-jalan atau paling tidak berdiri selama beberapa menit agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

 

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            168 Views