Positifnya Kulit Mangga - Wartawanita.com

Positifnya Kulit Mangga

Positifnya Kulit Mangga - Wartawanita.comWartawanita.com – Tidak terasa sebentar lagi akan memasuki musim mangga jika keadaan cuaca dalam kondisi normal. Buah eksotis ini banyak disukai karena sebagai buah lokal yang populasinya tersebar di seluruh  Indonesia, pohon mangga  juga dapat tumbuh subur di berbagai daerah baik dataran tinggi maupun dataran rendah.

Mangga mempunyai rasa dagingnya yang manis, harum dan segar sehingga buah ini sangat disukai semua orang. Warna dagingnya yang kuning kaya akan vitamin C dan sering dinikmati dalam bentuk juice.

Tapi tahukah bahawa selain dagingnya yang nikmat untuk disantap ternyata kulit mangga yang berwarna hijau ternyata mempunyai manfaat yang positif untuk menjaga kesehatan serta dapat dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan, seperti :

Meremajakan Kulit

Kulit mangga ternyata mengandung senyawa alpha hidroxyl acids /AHA. Bahan ini dipakai oleh industri kosmetik untuk membuat cream anti aging.  Fungsi AHA mempercepat pengelupasan kulit mati dan memberikan nutrisi maksimal pada lapisan kulit baru.

Cara membuatnya : ambil 100 gram kulit mangga matang, kemudian cuci sampai bersih.  Kemudian blender hingga halus.  Selanjutnya pasta kulit mangga dicampur dengan satu sendok minyak zaitun. Oleskan pada muka dan  tangan hingga rata, diamkan 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Mengobati Diare

Kulit mangga dapat dijadikan obat trandisional untuk menghentikan diare.   Pada kulit mangga matang terdapat kandungan senyawa antibakteri yang mampu membunuh bakteri e coli penyebab diare.

Cara membuatnya : ambil lima helai kulit mangga yang sudah dibersihkan. Kemudian rebus dengan dua gelas air, hingga menyisakan satu gelas saja.  Selanjutnya saring, hingga menyisakan airnya saja. Sebelum diminum campur dengan satu sendok makan madu.  Lakukan dua kali sehari pada pagi dan sore. Kode unik: KLIK di sini

Mengobati Cacingan pada Anak

Biasanya orang Jawa memanfaatkan air rebusan kulit mangga untuk mengobati cacingan pada anak. Kasus cacingan pada anak apabila tidak segara diobati dapat mengakibatkan gizi buruk dan menurunkan IQ anak.

Cara membuatnya : pertama ambil tiga helai kulit mangga yang sudah dicuci bersih.  Rebus bersama air perasan kunyit  dengan dua gelas air. Sisakan hingga satu gelas saja, selanjutnya disaring sebelum diminumkan.  Untuk menghilangkan rasa getir bisa dicampur madu satu sendok makan saja.

Info mengenai kode unik KLIK aja di sini

Tags:
0 shares
                            625 Views