taksi-pink-2

Pink, Taksi Khusus Perempuan di Pakistan

Wartawanita.com – Guna menghindari pelecahan seksual yang kerap terjadi terhadap wanita baik di tempat umum atau  di sarana transportasi umum,  di  Pakistan terdapat alat transportasi taksi yang hanya bisa digunakan oleh perempuan untuk menjaga karena kekhawatiran terhadap pelecehan seksual.

Pink, Taksi Khusus Perempuan di Pakistan

Taksi dengan ciri khasnya yang berwarna pink ini hanya melayani penumpang perempuan saja dan drivernya pun perempuan. Calon penumpang dapat menghubungi taksi ini dengan nomor jika ingin dijemput di tempat tertentu. Moda transportasi yang biasa disebut Taksi Pink ini juga dapat dipesan lewat berbagai lewat SMS dan menggunakan aplikasi mobile, maupun memberhentikan langsung saat di pinggir jalan.

Taksi Pink ini digagas oleh Ambreen Sheikh  dengan dibantu suaminya. Kepada Thomson Reuters Foundation, “Supir kami juga para wanita dan mereka menggunakan kerudung pink serta seragam warna hitam. Mereka adalah ibu rumah tangga, wanita muda dan bahkan mahasiswa.”

Noor Jehan salah satu supir taksi pink menyatakan bahwa adanya taksi pink khusus perempuan untuk mengurangi pelecehan seksual dan menyarankan para penumpang perempuan untuk berpikir sebelum memutuskan untuk naik taksi konvensional lainnya dengan supir laki-laki karena akan lebih aman jika menaiki taksi dengan supirnya yang juga perempuan.

Untuk sementara Pink hanya meng-cover oredran di daerah perkotaan di Pakistan. Jakarta juga sudah menerapkan angkutan khusu perempuan untuk  TransJakarta. Beberapa pengusaha ojek online juga sudah memperkenalakan layanan khusus wanita.

Kode unik: W#headlines59

Tags:
0 shares
                            196 Views