Pilih Pembalut Tepat Dan Sehat - wartawanita.com

Pilih Pembalut Tepat Dan Sehat

Pilih Pembalut Tepat Dan Sehat - Wartawanita.comWartawanita.com – Benda ini seharusnya sudah menjadi teman untuk wanita karena akan selalu menemani secara rutin tiap bulan. Yup benar pembalut, benda ini akan selalu dengan setia menempel di bagian intim wanita.  Jadi sebaiknya gunakanlah pembalut yang sehat dan bersih agar organ intim terjaga kesehatannya. Sebaiknya gunakanlah selalu pembalut yang tidak mengandung zat yang beresiko, misalkan zat klorin.

Zat klorin ini ternyata dinilai sebagai zat dengan resiko tinggi jika pemakaiannya secara terus-menerus dengan waktu yang lama. Adapun tanda-tanda pembalut yang baik adalah tidak menyebabkan iritasi / alergi, tidak berbau, netral dan lembut. Sedangkan dari segi daya serapnya, pembalut yang ideal memiliki daya serap 10 x lipat dari berat pembalut, bila itu tak tercukupi jadi dapat di pastikan pembalut itu tidak penuhi standard.

Nah ini dia beberapa tips biar pembalut yang digunakan nyaman saat digunakan, yaitu :

Tentukan Pembalut Yang Cocok

Cocok yang dimaksud disini adalah yang pas, bukan hanya pas ukurannya tapi saat dipakai tidak menimbulkan gatal-gatal atau iritasi dan nyaman dipergunakan. Banyaknya merk pembalut yang beredar menjadikan wanita banyak pilihan untuk mendapatkan yang sesuai. Ingat, pembalut yang cocok dan nyaman untuk masing-masing wanita akan berbeda-beda.

(Baca juga: Tips Agar Kulit Belang Hilang Seketika)

Pilih Pembalut Lembut Dan Berdaya Serap Tinggi

BACA JUGA:  8 Fakta Ajaib Tentang Menstruasi

Wajib yang harus diketahui adalah fisik pembalut itu sendiri. Pilihlah pembalut yang berbahan lembut dengan daya serap tinggi. Makin tinggi daya serapnya akan semakin bagus dan tidak was-was menggunakannya. Saat memilih pembalut dengan beraneka merk ada beberapa pertimbangan, yaitu :

  • Tes daya serap pembalut dengan cara memasukan  air sekitar 35 – 50 ml/cc pada permukaan pembalut. Diamkan beberapa saat, lantas tekan dengan selembar tisu kering ke permukaan pembalut itu. Upayakan tekan agak kuat, seperti bila pembalut sedang digunakan.
  • Apa yang terjadi pada pembalut tersebut ? Bila tisu tersebut basah, itu tandanya daya serap pembalut kurang mencukupi serta sebaiknya janganlah menggunakan pembalut yang seperti itu. Karena bila permukaan pembalut basah karena daya serap yang minim, maka kelembapan organ intim akan terganggu. Bila hal seperti ini berlangsung terus-menerus akan beresiko  semakin banyak bakteri yang tumbuh di ruang intim anda.

Jangan Gunakan Pembalut Beraroma

Memang menyegarkan jika menggunakan pembalut yang beraroma. Tapi ada bahaya di baliknya dan belum semua wanita mengetahuinya.  Pewangi yang ada pada pembalut biasanya terbuat dari bahan kimia  yang beresiko. Jika menggunakan pembalut ini untuk jangka panjang akan menyebabkan berbagai komplikasi serta infeksi. Umpamanya infeksi jamur vagina, dan lainnya.

BACA JUGA:  Armand Sibuk Promo Solo, GIGI Sibuk Album Religi

1 x Pakai Buang

Bagi para remaja yang baru menggunakan pembalut hendaknya gunakan pembalut hanya satu kali saja, janganlah membersihkan lantas memakainya kembali. Pembalut yang dipakai secara berulang akan berisiko menyebabkan infeksi jamur maupun bakteri. Hal semacam ini kerapkali menyebabkan gatal atau kemerahan pada bagian kewanitaan.

(Baca juga: Cara Memilih Bra)

Sering Mengganti Pembalut

Jangan gunakan pembalut untuk waktu yang lama, gantilah pembalut setiap 2 – 3 jam sekali dan sesuaikan dengan volume banyaknya darah yang keluar. Jangan pernah malas untuk mengganti pembalut karena ini demi kesehatan dan kenyamanan. Jangan pernah menunggu hingga pembalut penuh dengan darah haid dan baru menggantinya karena hal ini akan beresiko timbulnya efek samping dan kebocoran pada pembalut.

Ada Tanggal Kadaluarsa

Penting terteranya tanggal kadaluarsa pada kemasan produk pembalut sehingga kaum wanita yang akan menggunakan pembalut untuk mengatasi haid / menstruasi dapat mengetahui secara pasti dan tidak akan merasa kawatir. Pembalut yang telah melewati batas tanggal kadaluarsa dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan

Ingat ya, organ kewanitaan merupakan organ yang sangat sensitif. Sehingga dalam melakukan perawatan daerah kewanitaan ekstra hati-hati.

Kode unik: W#tips83

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            65 Views