Pijatan Kasih Sayang untuk Perkembangan Fisik dan Emosi Bayi - Wartawanita.com

Pijatan Kasih Sayang untuk Perkembangan Fisik dan Emosi Bayi

Pijatan Kasih Sayang untuk Perkembangan Fisik dan Emosi Bayi - Wartawanita.com

Wartawanita.com – Bagi orang dewasa dipijat tentunya akan memberikan sensasi rasa nyaman pada tubuh. Otot-otot yang tegang akan kendur dengan pijatan. Ternyata, pada bayi pun pijatan dapat dilakukan walaupun fungsinya sangat berbeda. Salah satu manfaat pijatan pada bayi adalah untuk mendukung perkembangan fisik dan emosi bayi selain itu juga untuk menumbuhkan kedekatan bayi dengan orangtuanya.

Tetapi memijat bayi tidak sama seperti memijat orang dewasa, banyak rambu-rambu yang harus diperhatikan jika memang akan memijat bayi, yaitu :

  • Memijat bayi harus dilakukan dengan penuh kelembutan. Selagi memijatnya sang ibu dapat mengajaknya berbicara atau bernyanyi agar bayi lebih menikmati masa-masa berdua dengan ibunya.
  • Jika ingin memijat bayi sebaiknya dilakukan didalam ruangan yang bersuhu hangat, suasana tenang karena dapat membuat bayi merasa nyaman.
  • Siapkan perangkat yang dibutuhkan untuk memijat bayi seperti handuk yang lembut, alas untuk bayi, pakaian bersih serta popoknya dan minyak gosoknya. Sangat disarankan untuk minyak gosoknya pergunakanlah hanya menggunakan babay oil atau minyak zaitun saja.
  • Saatnya beraksi ! Memijat bayi sebaiknya dilakukan secara berurutan, yaitu :
1. Tungkai

Mulailah memberi pijatan dari tungkai atau pangkal paha hingga ke bawah. Area ini dianggap kurang sensitif sehingga sangat bagus untuk memulai sebuah pijatan. Tuang sedikit minyak ke telapak tangan, lalu gosok-gosok hingga terasa hangat di tangan. Setelah itu mulai pijat lembut bagian paha ke arah bawah dan turun ke area betis. Setelahnya mulailah memijat punggung kakinya dengan gerakan memutar. Sang ibu pun dapat memberi sedikit usapan saat memijat bagian pergelangan kaki sampai ke jari kaki. Kemudian beralihlah ke bagian telapak kakinya. Gunakan ibu jari saat memijat area ini. Terakhir, jari jemarinya jari-jemarinya, ambil tiap jari memakai ibu jari dan jari telunjuk, lalu tarik dengan lembut. Lakukan pada kesepuluh jarinya.

BACA JUGA:  Busana Daur Ulang dari H&M
2. Lengan

Usai memijat bagian tungkai, beralihlah ke bagian lengan. Mulailah pijatan dari lengan bagian atas hingga ke pergelangan tangannya. Sesampainya di pergelangan tangan, putar lembut bagian ini beberapa kali. Lalu pijat telapak tangannya dengan menggunakan ibu jari. Akhiri pijatan di lengan ini dengan memijat lembut jari-jemarinya.

3. Dada

Letakkan kedua tangan ibu di atas jantung bayi. Lalu pijat lembut ke arah luar dan tekan lembut dadanya dengan telapak tangan. Ulangi gerakan ini beberapa kali. Kemudian, letakkan satu tangan di bagian atas dadanya, lalu pijat lembut ke arah paha.

4. Punggung

Posisikan bayi dalam keadaan tengkurap, kemudian pijat area tulang belakang leher hingga bokong memakai ujung jari. Akhiri pijat bayi ini dengan pijatan panjang dari bahu hingga kakinya. Setelah itu, bisa memakaikan popok dan bajunya kembali serta memeluknya. Usai dipijat, bayi biasanya akan cepat terlelap.

  • Bagi ibu muda yang baru mempunyai bayi ada baiknya dapat mengikuti kelas khusus pijat bayi untuk mengetahui cara memberikan pijatan yang bermanfaat bagi bayi lebih jauh.
  • Memijat bayi juga harus melihat waktu. Waktu terbaik untuk melakukan pijat bayi adalah ketika bayi sedang terjaga, namun dengan kondisi yang tenang. Pastikan bayi tidak dalam kondisi terlalu lapar atau kenyang saat memberinya pijatan.
  • Sebaiknya hindarilah memijatnya bayi saat sedang terlelap tidur disiang hari. Pijatan dapat dijadikan kegiatan rutin untuk dilakukan dimalam hari sebelum tidur malam. Hal ini berguna untuk membuatnya tidur lebih pulas. Menjadwalkan memijat bayi usai mandi juga dapat dicoba.
  • Bayi pun ingin menikmati kegiatan pijat ini dengan maksimal sehingga ibu harus memperhatikan segala isyarat yang dikeluarkan olehnya. Isyarat ini bisa menjadi sinyal apakah bayi suka dengan pijatannya atau tidak. Segera hentikan pijatan jika bayi mulai menangis karena itu pertanda bahwa dia sudah merasa cukup dengan pijatannya.
BACA JUGA:  7 Daerah di Indonesia Ini Punya Tradisi Unik Untuk Rayakan Lebaran

Sentuhan seorang ibu akan membawa dampak yang positif pada anak.

 

LADIES MUST READ

Tags:
2 shares
                            52 Views