kawah-ijen

Pesona kawah ijen dan blue fire

api biru, kawah ijen (Banyuwangi)
api biru, kawah ijen (Banyuwangi)

Ada sebuah fenomena alam unik di Jawa Timur. Banyak orang kerap menyebutnya dengan Blue Fire alias api biru. Fenomena alam yang sangat langka ini dapat kita temukan di Gunung Ijen atau Kawah Ijen yang berada di wilayah perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. Adapun waktu paling ideal untuk melihat fenomena alam langka tersebut adalah pada dini hari antara pukul 02.00 wib hingga pukul 04.00 wib. Mengapa sangat langka? Karena Fenomena tersebut hanya ada dua di dunia: Di Kawah Ijen, Jawa Timur serta di Islandia.

Kawah Ijen sendiri merupakan sebuah danau kawah vulkanik yang berada di Gunung Ijen. Jadi, untuk sampai ke sana kita harus mendaki Gunung Ijen terlebih dulu. Lokasi Kawah Ijen berada pada ketinggian sekitar 2.443 mdpl. Fenomena Blue Fire yang ada di Kawah Ijen ini mungkin sudah ada sejak ratusan atau bahkan ribuan tahun yang lalu. Namun, keberadaannya baru diketahui oleh masyarakat sekitar 1950-an.

Saat malam kita bisa menikmati pemandangan Blue Fire, pada siang atau pagi hari ketika hari sudah terang kita akan disuguhi pemandangan yang tidak kalah keren yakni Kawah Ijen dengan pemandangan air berwarna biru toska. Danau ini memiliki kandungan asam yang sangat tinggi dan tercatat sebagai danau asam terbesar di dunia. Luas danau Kawah Ijen mencapai 5.466 ha dengan kedalaman diperkirakan mencapai 200 meter. Gunung ijen atau kawah ijen ini juga ditetapkan sebagai cagar biosfir oleh UNESCO pada maret 2016.

Penulis   :  Erison

Editor     :  Bagus Mashudi

LADIES MUST READ

0 shares
                            106 Views