Pertengkaran Membawa Arus Positif

Pertengkaran Membawa Arus Positif

Pertengkaran Membawa Arus PositifWartawanita.com – Harmonisnya sebuah hubungan pasti akan dibumbui dengan pertengkaran-pertengkaran. Anggap saja pertengkaran adalah kerikil-kerikir tajam yang harus dilalui. Pertengkaran yang dihadapi oleh pasangan biasanya disebabkan karena masing-masing ingin mempertahankan ‘pendapat’ atau ‘egonya’ sendiri. Biasanya pada pasangan yang usia pernikahannya masih baru, pertengkaran terjadi sebagai suatu awal proses penyesuaian masing-masing individu.

Seiring dengan berjalannya waktu maka intensitas pertengkaran yang disebabkan proses pemahaman akan berkurang karena sudah mulai tumbuhnya masing-masing pengertian dan pemahaman. Perbedaan pendapat sudah mulai dapat didiskusikan dengan terbuka dan kepala dingin, walaupun sesekali selisih paham tetap terjadi. Setelah usia pernikahan sudah bukan muda lagi, pertengkaran tetap ada, hanya saja penyebabnya seputar :

  • Masing-masing pihak mempunyai perasaan kurang dihargai atau merasa kurang diperlakukan dengan tidak adil. Perasaan seperti ini merupakan salah satu penyebab  yang paling banyak terjadi pada pertengkaran pasangan suami istri.
  • Masalah finansial atau tekanan hidup. Tapi ingat kekurangan uang bisa jadi bukan pemicu pertengkaran. Mempunyai uang banyak pun bisa menjadi pemicu pertengkaran.
  • Kondisi kesehatan yang tidak fit. Karena tubuh sedang tidak fit maka perasaan akan menjadi lebih sensitif dan pada akhirnya akan melepas kekesalan pada pasangan.
  • Nah, ini dia. Adanya pihak ketiga, sudah pasti ini akan memicu pertengkaran.
  • Adanya intervensi dari pihak luar. Tidak jarang intervensi dari pihak luar seperti sahabat sampai mertua dapat menjadi pemicu timbulnya pertengkaran.
  • Masalah anak juga dapat menjadi pemicu sebuah pertengkaran. Perbedaan pola asuh masing-masing dapat menjadi cikal bakal sebuah pertengkaran.
  • Usia pernikahan yang sudah lama dapat membawa dampak pada rasa jenuh. Daripada selalu bertengkar sebaiknya perbanyak variasi aktivitas bersma pasangan.

Meskipun sebuah pertengkaran tidak dapat dihindari, tapi pertengkaran bisa diarahkan kepada hal-hal yang positif dalam upaya untuk mencari jalan keluar yang baik bagi kedua belah pihak. Agar sebuah pertengkaran dapat berefek positif, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti :

Perjelas Pokok Masalah

Perjelaslah isu atau pokok masalah yang sedang diperdebatkan. Banyak pasangan yang saat sedang bertengkar justru cenderung melupakan inti dari persoalannya. Jangan sampai hal seperti ini terjadi karena pasti nantinya pertengkaran tidak akan ada ujungnya.

Tetap Jaga Akal Sehat

Sepanas-panasnya hati dan kepala, akal sehat harus tetap terjaga. Hindari sebuah pertengkaran dijadikan sebagai arena debat kusir tanpa ada akhirnya. Ingat, anak akan memperhatikan dan mencontoh dari orangtuanya. Oleh karena itu dalam kondisi bertengkar tetap harus menjadi contoh yang baik bagi anak, caranya dengan memberi kesempatan kepada orang lain untuk mengeluarkan pendapatnya.

Jaga Mulut

Walau dalam suasana hati yang panas, ingat untuk selalu menggunakan kata-kata yang baik dan sopan. Ingat bahwa pertengkarang terjadi dengan teman hidup, jangan sekalipun menggunakan kata-kata yang berkesan sombong atau kasar.

Jangan Memaksa Diri

Tidak perlu memaksakan diri untuk menyelesaikan masalah atau mencapai kata sepakat saat itu juga. Terkadang dalam sebuah pertengkaran dibutuhkan waktu untuk berpikir jernih agar keputusan yang diambil tidak keliru atau dapat mencapai titik temu yang ideal untuk kedua belah pihak.

Saling Menghormati

Teman hidup bukanlah individu yang baru dikenal sehari atau dua hari. Saling memperlakukan yang baik dan benar sebagaimana menurut aturan agama dan sosial.

Ingat, pertengkarang yang sehat tentunya akan membawa dampak yang positif. Dampak positif ini tentunya akan membawa sebuah perubahan menjadi lebih baik sesuai dengan yang diinginkan. Berusahalah bertengkar dengan baik agar mendapat hasil yang baik pula. Baik untuk saat ini maupun untuk masa depan.

Kode unik: W#psikologi23

Info mengenai kode unik KLIK aja di sini

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            132 Views