Penting Wanita Ketahui, ASI VS Sufor - Wartawanita.com

Penting Wanita Ketahui, ASI VS Sufor

Penting Wanita Ketahui, ASI VS Sufor - Wartawanita.com

Wartawanita.com – Bila berbicara tentang ASI – Air Susu Ibu tentunya tidak diragukan lagi manfaatnya bagi bayi. Akan tetapi sangat disayangkan bahwa hingga saat ini masih banyak para ibu yang masih belum pro ASI dan justru memilih untuk memberikan susu formula (sufor) untuk buah hatinya, meskipun dengan harga termahal sekalipun. Harusnya ASI yang merupakan pemberian Tuhan dapat diberikan pada anak agar kelak mereka dapat memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Ini dia manfaat ASI vs sufor yang belum banyak diketahui para ibu, yaitu :

  • ASI lebih efisien, higienis, murah dan bergizi serta untuk mendapatkan ASI tidak perlu mengeluarkan anggaran khusus. Sedangkan sufor harus mengeluarkan ekstra biaya lagi.
  • ASI mengandung sangat banyak gizi yang diperlukan tubuh bayi di awal kehidupannya. Sedangkan sufor kemungkinan dapat terkontaminasi bakteri, misalnya Enterobacter sakazakii yang ditemukan di beberapa merek sufor yang bertebaran di pasar Indonesia.
  • Bayi yang mengkonsumsi ASI akan lebih kebal terhadap beberapa penyakit karena ASI mengandung zat mucin yang diperlukan oleh tubuh untuk menangkal berbagai macam penyakit. Sedangkan bayi-bayi yang mengkonsumsi sufor lebih rentan terhadap penyakit saluran pencernaan. Misalnya diare atau infeksi  saluran pencernaan. Jadi ASI terbukti melindungi bayi dari serangan diare, dimana diare menjadi salah satu penyebab meninggalnya bayi.
  • Penting Wanita Ketahui, ASI VS Sufor - Wartawanita.comKadar gula di dalam ASI dapat disesuaikan dengan kebutuhan gula pada bayi. Sedangkan bayi yang minum susu formula akan memiliki resiko lebih besar terkena diabetes karena kadar gula pada sufor tinggi. Serangan diabetes pada anak terjadi bila pemberian sufor tidak terkontrol. Berbeda dengan ASI yang kadar gulanya disesuaikan dengan kebutuhan gula pada bayi.
  • Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan sangat efektif untuk mencegah kehamilan yang tidak disengaja karena ASI eksklusif merupakan salah satu kontrasepsi alami dengan tingkat keakuratan sebanyak 98%. Metode KB dengan pemberian ASI eksklusif ini paling cepat menunda kehamilan selama enam bulan.
  • ASI melindungi ibu terhindar dari berbagai penyakit mematikan seperti penyakit kanker payudara, penyakit kanker indung telur, kanker serviks dan osteoporosis.

Jadi mulai sekarang sebaiknya berikan ASI untuk buah hati ya.

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            87 Views