Penting untuk Teliti Sebelum Membeli Obat, Kenali 5 Logo Obat Agar Tidak Salah Minum - Wartawanita.com

Penting untuk Teliti Sebelum Membeli Obat, Kenali 5 Logo Obat Agar Tidak Salah Minum

Wartawanita.com – Belakangan ini banyak terjadi penyalahgunaan obat pada masyarakat di Indonesia. Baru-baru ini yang masih hangat dipemberitaan adalah penyalahgunaan obat bernama PPC – parasetamol, kafein, dan carisoprodol yang banyak menelan korban bahkan beberapa diantaranya tidak dapat tertolong nyawanya. Sesungguhnya obat-obat yang beredar harus diawasi oleh badan yang berwenang dan masyarakat hendaknya dapat mengetahui tanda-tanda yang tertera pada kemasan obat yang beredar.

Berikut ini ada beberapa arti simbol pada kemasan obat seperti yang diterbitkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia tahun 2008, yaitu :

Penting untuk Teliti Sebelum Membeli Obat, Kenali 5 Logo Obat Agar Tidak Salah Minum - Wartawanita.comJamu

Seperti yang diketahui, masyarakat Indonesia masih percaya dengan pengobatan herbal yaitu jamu. Jamu merupakan jenis obat yang semua bahannya berasal dari tanaman (alami) serta higienis (bebas cemaran) serta digunakan secara tradisional. Bentuk jamu sendiri tidak terlalu memerlukan pembuktian ilmiah sampai klinis. Resep jamu biasanya berdasarkan bukti empiris secara turun menurun. Oleh sebab itulah jamu merupakan strata terendah dari jenis obat lainnya.

Penting untuk Teliti Sebelum Membeli Obat, Kenali 5 Logo Obat Agar Tidak Salah Minum - Wartawanita.comObat Herbal Terstandar – OHT

Obat herbal ini tingkatannya diatas jamu. Obat herbal diolah dengan syarat berupa ekstrak dan diproduksi dengan proses yang sudah terstandarisasi. Selain itu obat herbal harus melalui uji praklinis seperti uji toksisitas (keamanan), kisaran dosis, farmakodinamik (kemanfaatan) dan teratogenik (keamanan terhadap janin). Walaupun sudah sudah melewati uji praklinis, herbal berstandar belum dapat diklaim sebagai obat, namun masyarakat dapat mengkonsumsinya karena terbukti aman.

Penting untuk Teliti Sebelum Membeli Obat, Kenali 5 Logo Obat Agar Tidak Salah Minum - Wartawanita.comObat Fitofarmaka

Obat fitofarmaka ini merupakan tingkat tertinggi dari obat herbal. Mengapa dinaikkan statusnya menjadi fitofarmaka karena sudah melewati uji klinis pada manusia. Jenis obat ini sudah dapat diklaim sebagai obat. Namun klaim tersebut tidak boleh menyimpang, misalkan obat yang sudah diuji sebagai obat diabetes, tidak boleh digunakan sebagai obat kanker, kolestrol dan obat lainnya. Oleh karena itu diperlukan pengawasan lebih pada penggunaannya.

Penting untuk Teliti Sebelum Membeli Obat, Kenali 5 Logo Obat Agar Tidak Salah Minum - Wartawanita.comObat Bebas

Inilah tanda obat yang dapat digunakan bebas. Obat ini adalah jenis obat medis modern. Pada kemasan obat bebas terdapat simbol kode lingkaran hijau dengan garis tepi hitam pada kemasannya. Obat bebas ini dapat dibeli konsumen tanpa perlu resep dokter, misalkan parasetamol.

Penting untuk Teliti Sebelum Membeli Obat, Kenali 5 Logo Obat Agar Tidak Salah Minum - Wartawanita.comObat Bebas Terbatas

Masih hampir sama seperti obat bebas, namun sebenarnya obat bebas terbatas ini merupakan obat keras. Tapi Obat jenis ini masih bisa diperoleh tanpa resep dokter. Konsumen harus memperhatikan aturan penggunaan obat ini pada kemasan obatnya. Obat bebas terbatas ini ditandai dengan kode lingkaran berwarna biru dengan garis tepi warna hitam, misalkan CTM.

Penting untuk Teliti Sebelum Membeli Obat, Kenali 5 Logo Obat Agar Tidak Salah Minum - Wartawanita.comObat Keras

Obat jenis ini haruslah dengan menggunakan resep dokter untuk mengomsumsinya. Obat keras ini tidak boleh digunakan secara sembarangan. Obat keras ditandai dengan simbol lingkaran berwarna merah, bergaris tepi hitam dengan huruf K di tengah, misalkan obat mefenamat.

Penting untuk Teliti Sebelum Membeli Obat, Kenali 5 Logo Obat Agar Tidak Salah Minum - Wartawanita.comObat Psikotropika

Obat psikotropika mempunyai simbol sama dengan obat keras, karena psikotropika tergolong obat keras. Psikotropika merupakan zat alamiah maupun sintentesis yang bukan jenis narkotika. Efek yang dimiliki psikotropika dapat mempengaruhi susunan sistem saraf pusat (SPP) sehingga dapat menimbulkan perubahan yang khas terhadap mental dan perilaku bagi orang yang mengonsumsinya.

Selain itu, psikotropika juga dapat menyebabkan halusinasi, gangguan pada cara berpikir, mengurangi rasa nyeri dan sakit, serta dapat menimbulkan ketergantungan pada pemakainya. Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui dan mengerti tentang jenis obat psikotropika ini sehingga sering disalahgunakan. Misalkan pada kasus Tora Sudiro yang kedapatan memiliki obat jenis psikotropika tanpa resep dokter.

Penting untuk Teliti Sebelum Membeli Obat, Kenali 5 Logo Obat Agar Tidak Salah Minum - Wartawanita.comNarkotika

Narkotika merupakan obat atau zat dari tanaman maupun tidak, baik sintetis atau semi-sintesis. Narkotika dapat menyebabkan beberapa pengaruh bagi orang yang mengonsumsinya, seperti mampu mengurangi rasa sakit dan nyeri, menurunkan atau merubah tingkat kesadaran, hilangnya rasa, serta menimbulkan efek ketergantungan. Narkotika ditandai dengan kode simbol palang medali merah. Narkotika digunakan untuk penyembuhan dan ilmu pengetahuan. Untuk mendapatkan obat jenis ini haruslah dengan resep dokter.

Jadi jika ingin membeli dan mengomsumsi obat telitilah sebelumnya.

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            217 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *