067148800_1479886390-pokja_gnrm

Pelatihan Pedagang Makanan Lenggang Jakarta

MOTIVASInews.com – Sekretariat Kelompok Kerja (Pokja) Gerakan Nasional Revolusi Mental bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan Pelatihan Pedagang Makanan Lenggang Jakarta dengan tema “Bersih, Enak, dan Sehat Sajian Indonesia” yang bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta.

Acara dihadiri oleh 106 orang pedagang dari kawasan Lenggang Jakarta juga didukung oleh Badan POM, Bank Indonesia, Indonesia Chef Association (ICA), dan Indonesia Gastronomy Association (IGA). Para peserta pelatihan mendapatkan materi mengenai makanan yang bersih, aman, dan sehat untuk dikonsumsi.

Materi pelatihan pertama disampaikan oleh Rismana Adji dari Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta yang berbicara tentang hygiene sanitation makanan jajanan.

“Upaya untuk mengendalikan hygiene sanitation itu antara lain mengendalikan faktor makanan, orang, tempat, dan perlengkapannya yang dapat atau mungkin dapat menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan,” ujar Rismana yang menjadi pembicara pada sesi pertama pelatihan.

Rismana mengungkapkan masalah kesehatan dan kesakitan atau kematian akibat mengkonsumsi makanan yang tidak memenuhi syarat kesehatan angkanya masih tinggi, sehingga perlu tindakan preventif.

Asisten Deputi Nilai dan Kreativitas Budaya pada Deputi bidang Koordinasi Kebudayaan, Iwan Eka Setiawan, dan Ketua Pokja Gerakan Nasional Revolusi Mental menjelaskan tujuan pelatihan adalah berdiskusi dengan para pakar agar makanan-makanan yang dijual di Lenggang Jakarta lebih sehat, lebih bersih, dan lebih enak kedepannya.

“Indonesia akan siap dengan kuliner bersih, enak dan sehat untuk menyambut wisatawan khususnya mendukung kenyamanan saat Indonesia menjadi tuan rumah pada Asian Games 2018,” jelas Iwan dalam sambutannya.

Para pedagang makanan, lanjut Rismana sebaiknya berlokasi di tempat yang cukup jauh dari sumber pencemaran seperti lokasi pembuangan sampai terbuka, lokasi pengolahan limbah, jalan, dan lainnya.

“Sentra pedagang makanan jajanan juga harus dilengkapi dengan fasilitas sanitasi yang meliputi air bersih, tempat penampungan sampah, saluran pembuangan air limbah, toilet, dan fasilitas pengendalian lalat atau tikus. Para pedagang juga harus memiliki enam prinsip hygienic sanitation pangan (HSP) yaitu pemilahan bahan; penyimpanan bahan makanan; pengolahan makanan; penyajian; distribusi/pengangkutan; dan penyimpanan produk,” ungkapnya.

Penulis: Dwi Priyanto

Tags:
0 shares
                            142 Views